hackathon

The First Triumph in Angelhack Surabaya (part 1)


Assalamu’alaikum…

Alhamdulillah, postingan ini merupakan cerita inspirasi (bagian pertama) yang saya terbitkan saat bulan Ramadhan 1437 H di Indonesia. Ceritanya mengenai acara hackathon pertama yang saya ikuti, langsung saja di baca dan semoga bermanfaat.

Come to the event, start to hack (develop an app) in one night, and win the prize if you are proper enough

That’s the big picture about a hackathon event (in my humble opinion).

Hackathon adalah sebuah event dimana para hackers (sebutan untuk para peserta hackathon) berkumpul untuk membuat suatu aplikasi dalam waktu semalam…yes, I repeat it again, one night . In My Humble Opinion, sebenarnya filosofi acara hackathon much like the struggle of a character named Bandung Bondowoso dalam cerita rakyat Indonesia yang berjudul Roro Jonggrang. Tema umum hackathon biasanya adalah “An application that can solve real world problem” namun tema khususnya bermacam – macam. Bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat aplikasi umumnya bebas, asalkan aplikasi yang dibuat can running on web and/or mobile platform.

Angelhack-logo

Salah satu event hackathon yang diadakan di tahun 2016 ini bernama AngelHack, dan Alhamdulillah untuk Indonesia acara tersebut pertama kali diadakan di kota pahlawan, Surabaya pada tanggal 28-29 Mei 2016. AngelHack sendiri merupakan event hackathon global, pada tanggal tersebut di Colombo (Sri Lanka), Hyderabad (India), dan Novosibirsk (Russia) juga digelar acara serupa. Mengetahui Hal tersebut, saya bersama tim memberanikan diri untuk mendaftar acara tersebut karena memang kami seumur hidup belum pernah mengikuti event hackathon, jadi ini seperti kesempatan emas untuk unjuk gigi, networking, and get some experience from it. Alhamdulillah kami diberikan nikmat kesehatan dan kesempatan untuk mengikuti acara tersebut. Meskipun kami sempat gugup karena ini adalah event hackathon pertama yang kami ikuti.

me and the team

Hari pertama kami datang lengkap (empat orang) dan tepat waktu soalnya pembukaan acara belum dimulai dan kursi depan udah pada penuh, jadinya kita mengalah nempatin kursi belakang (bisa aja alasan gan😀 ). Kami seolah disuguhkan suasana yang penuh semangat plus snack untuk sarapan, tapi yang harus jadi fokus adalah datang ke event hackathon mau bikin apa? Beneran idenya itu solve real world problem gan? (nah  loe..) Trus bedanya apa sama aplikasi yang udah ada? (jeng..jeng..) otomatis lah langsung bikin saya menikmati snacknya merasa tertantang. Sebenernya udah ada beberapa ide gan yang sempat terpikir, tapi semua itu berubah setelah dapet materi pertama tentang Value Proposition & Customer Segment dari bang Rubby Emir (CEO Kerjabilitas). Dalam sekejap kami semua sepakat untuk pivotting the default idea. Karena memang ide awal kami terkesan terlalu local oriented. Singkat cerita, setelah kurang lebih 3 jam kami berdiskusi dan saling menawarkan ide membuat kami lapar lagi langsung merancang aplikasinya. Kekuatan mental seakan diuji saat melihat kenyataan kalau tim sebelah sudah mulai bagi tugas untuk coding dan gambar desainnya, sedangkan kami baru kelar nyepakatin ide dan mulai ngerancang fitur apa yang mungkin buat diimplementasiin semalam. You would really need some fresh air when it happened to your team and start to pump up your adrenalin. Oh ya, tips untuk kalian yang muslim, jangan sampai me-nyepele-kan waktu sholat ya pas ikut hackathon (kalau bener – bener tidak ada halangan yang sangat mendesak dan sesuai syariat) apalagi sampai kelewatan lupa sholat. Ok kembali ke cerita, kami mulai coding sekitar jam 14.30 WIB dan singkat cerita di hari pertama ini kami bertahan sampai jam 22.00 WIB. Istirahat yang cukup juga perlu untuk seluruh tim, terutama buat anggota tim yang akan melakukan pitching esok harinya.

Day 1 Angelhack Surabaya

Sebetulnya masih ada cerita yang lebih seru di hari kedua saya mengikuti Angelhack Surabaya 2016, kali ini saya mencoba untuk tidak menyalahkan waktu yang terbatas dan sering menjadi sasaran objek yang memisahkan kita ( apaan sih bro :D  ) namun karena kelalaian saya dalam mengatur waktu. Cerita hari keduanya akan saya posting segera (masih ketika bulan ramadhan) di blog ini dan buat yang udah mampir dan baca gimana menurut kalian cerita hari pertama tadi? sampaikan melalui form komentar di bawah ya.

Terima kasih

Wassalamu’alaikum…

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s