sukses_UNBK

Ada Cerita Kala Ujian Nasional Tiba


#UN2016. UN atau Ujian Nasional merupakan event wajib tahunan bagi siswa/i Sekolah Menengah di Indonesia. Tahun 2016 ini, UN siswa/i SMA/SMK/MA dilaksanakan serentak pada tanggal 04 – 07 April. Selalu ada cerita kala UN tiba, ya…cerita yang ada hubungannya dengan siswa/i calon peserta, pengawas, sampai prediksi soal UN yang dikemas dalam bingkai humor gambar atau yang lebih akrab disebut meme. Saya pikir yang membuat ‘memes’ (banyak meme) tentang UN yang banyak di internet adalah orang yang belum/sudah tidak akan ikut UN. Karena orang yang jadi peserta UN pasti bakal h2c (harap-harap cemas) atau malah berpikir “no time for this joke” untuk fokus di perang di hari-H atau mungkin ane aja yang terlalu lebay karena sekarang UN sudah bukan lagi satu-satunya penentu kelulusan siswa/i jadi bawaanya woles aja. Anyway….apapun itu kebijakannya yang jelas selalu ada cerita kala UN tiba seperti meme yang satu ini.

maafin_dek

Tradisi maaf-maafan (saling meminta maaf) di Indonesia umumnya terjadi ketika hari raya idul fitri setelah bula Ramadhan berakhir. Namun, untuk para pelajar sekolah menengah khususnya yang menjadi peserta UN akan ngadain acara maaf-maafan 10 hari sebelum hari-H UN. Mendadak suasana menjadi guyub antara sesama teman sebaya, adik kelas dan juga para guru (tak lupa petugas penjaga sekolah, ibu-ibu penjual di kantin, dan satpam). Ga mesti 10 hari sebelum hari-H UN juga sih, berkaca dari pengalaman pribadi aja. Oh ya jangan lupa minta maaf juga sama mantan, karena alasan klasik yang dipakai menjelang UN yaitu “Kita putus yach, mau fokus UN nich” (ilustrasi yang garing gan).

Cerita yang serupa dengan event “pop up maaf-maafan” (meniru istilah pop up market atau istilah lain untuk pasar kaget) adalah perubahan sikap dan pribadi sebagian siswa/i yang berubah menjadi baik setelah event ‘istighosah’ atau berdoa bersama baik siswa peserta UN dan para guru. Hal ini bisa dipandang positif sebagai khasiat dari doa yaitu perubahan sikap dan perilaku. Asalkan jangan meniru realita seperti yang digambarkan meme di bawah ini ya.

sesudah_sebelum_un

Ketika semakin mendekati hari-H Ujian Nasional, cerita menarik yang muncul adalah tips & trik yang bisa digunakan saat akan menghadapi UN selain banyak mengerjakan latihan soal di buku ‘perang bintang’ (bukan judul film seperti star wars, tapi istilah untuk buku dengan banyak latihan soal UN). Banyak sekali (nyari info bocoran jawaban UN tidak termasuk atau dijual terpisah), jika dibalut dengan bingkai komedi kira – kira seperti memes di bawah ini.

jebakan pengawas uan.jpg

tips_kecoa_un.jpg

Ada yang berbeda dari pelaksanaan UN di tahun 2016, yaitu cara penyelenggaraan yang sedikit modern yang dikenal dengan istilah UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) and my lovely and proudly city, Surabaya dijadikan sebagai salah satu pilot project UNBK tahun 2016 (mantep pol-polan rek).

un_bk.png

#UNBK2016. Para peserta UN mengerjakan soal-soal UN yang ditampilkan di layar komputer, satu peserta UN menempati satu perangkat komputer dan untuk menjawab soal-soal UN para peserta menggunakan mouse dengan klik pada salah satu jawaban pilihan ganda yang dirasa benar. Sisi positifnya adalah ‘paperless’ atau tanpa kertas. Karena sering kali ditemui realita berkas soal-soal UN yang sudah tidak terpakai akan berakhir ke pengumpul barang dalam jumlah kiloan atau alas untuk membeli sayuran dan bahan pangan di pasar (itu kalau masih beruntung) dan sebagian lagi berakhir di tempat pembuangan sampah. Dalam jangka panjang sungguh “what a waste of paper” and “what a waste of (bamboo) plants” even further “what a waste of environment”. Nah kalau UNBK ini kan lebih banyak positifnya, kekurangannya mungkin sumber daya listrik yang jangan sampai lolos….eh maksudnya padam alias mati lampu. Bila itu terjadi ketika UNBK tengah berlangsung, sonothing to do here. Lebih baik kita berfokus pada hal positifnya dari pada sibuk mencari apa negatifnya. Bukan kah teknologi diciptakan untuk menjadi kan kehidupan manusia menjadi lebih baik ?!

Anyway meskipun UNBK masih baru dilaksanakan tahun ini. Ada aja orang yang bikin meme lucu mengenai pelaksanaan UNBK seperti yang satu ini.

unbk_gaming.jpg

Digambar itu sebenernya para professional gamer (ProGamer) satu tim yang lagi war (bermain melawan tim lain), mungkin harapan yang bikin meme ini supaya para peserta UNBK bisa enjoy kayak lagi main game online (asal jangan sampe nyebut kebun binatang pas sadar kalau nemu soal yang rada susah atau efek suara lain seperti Mmmmmmonster Kill).

Jujur aja, ane sendiri belum pernah ngerasain UNBK, tapi untuk tes/ujian yang ‘berbasis komputer’ sendiri ane udah ngalamin berkali-kali pas kuliah baik online atau offline (soal tersedia di local file). Karena ane dulu pas jaman SMA, UN masih digunakan sebagai syarat mutlak kelulusan. Kala itu, ga lulus UN means no campus life or no after school life. Jadi semua siswa seakan-akan pada niat banget belajar buat bisa lulus UN. Jadwal hariannya pulang sekolah (full day) – bimbel – pulang langsung tidur, like no time for doing this or that coz I’m gonna to play a ‘war game’. Studi oriented yang bisa dibilang agak keterlaluan. Meskipun pas mendekati hari – H ada aja kabar burung kalau soal UN udah bocorlah, bocoran kunci jawaban akurat 99% belinya di inilah. Ulah oknum yang mau potong kompas dengan bla…bla…bla…

Jadi dengan diselenggarakannya UNBK mulai tahun 2016 ini semoga kualitas pelaksanaan UN di seluruh Indonesia kedepannya menjadi lebih ramah lingkungan yang bahasa kerennya “eco friendly” dan ITS terkenal dengan sebutan “Eco Campus” (lah, apa hubungannya coba hahahaha). Sorry kalau postingan kali ini dirasa TLDR (Too Long Didn’t Read) atau TLMR(Too Long Males Read) atau TLMB(Too Long Masa Bodo) karena semi curhat yang kurang penting and thanks for reading.

Oh iya, gambar-gambar dalam postingan ini ane ambil dari akun instagramnya dagelan. Thanks juga buat dagelan yang cukup mengisi hari-hari ane dengan dagelan.

2 thoughts on “Ada Cerita Kala Ujian Nasional Tiba

    • MuARa berkata:

      Oh iya, suruh baca postingan ini aja kalau gitu @estu
      Wah, kamu aktif ngeblog lagi ya setelah menghilang beberapa tahun dari dunia pe-ngeblog-an 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s