Ini adalah bagian tengah dari suramadu

Trip to Bangkalan Madura Sponsored by HERE Indonesia


Ini adalah bagian tengah dari suramadu

Halo HERE mappers Indonesia, salam kenal.

Perkenalkan saya Aminudin (@muaraminudin), salah satu anggota HERE Expert Community Indonesia dari Surabaya, Jawa Timur. Kali ini saya akan bercerita tentang aktivitas perdana dari HERE map master activity regional Surabaya yaitu travel mapping kota bangkalan yang terletak di pulau Madura, Jawa Timur. Penasaran kan seperti apa keseruannya, langsung aja yuk guys. Oh ya, sebelumnya saya perkenalkan dulu map master dari kota surabaya yaitu cak Yasin (@yasin_dhobe) yang merupakan teman satu kampus saya dulu semasa mahasiswa. Ok, back to the trip.

Hari sabtu tanggal 23 Mei 2015, tepat pukul 08.00 WIB kami menjemput sang surya untuk menuju ke kota bangkalan. Dari Surabaya kami melewati jembatan Suramadu dengan membayar karcis masuk sebesar Rp 3000 untuk motor dan Rp 30.000 untuk mobil. Oh ya, sebelumnya yang belum tahu singkatan dari Suramadu adalah Surabaya-Madura.

Jembatan suramadu

Perjalanan melewati jembatan Suramadu kira-kira satu setengah jam, setelah itu menempuh jarak kurang lebih 10 km untuk menuju ke kota bangkalan sehingga kami tiba di lokasi mapping sekitar pukul 10.11 WIB. Kami langsung ambil perlengkapan untuk mulai tracking. Sembari berkeliling, ketika mendapati tempat yang relevan kami segera memfotonya juga untuk target pengumpulan POI di HERE maps. Tak lupa komplek perumahan baru di kota bangkalan juga kami kunjungi untuk target pengumpulan nomer rumah baru. Sepanjang perjalanan tracking di kota bangkalan Madura, kami mendapati banyak sekali jalan-jalan yang berdekatan dengan areal sawah. Jenis sawahnya juga beragam, ada padi, jagung, dan tumbuhan palawija lain yang tidak bisa saya sebutkan satu-satu disini. Yang pasti di kota bangkalan ini masih banyak tanah-tanah luas yang cukup potensial untuk dijadikan perumahan he..he..he.

Selain tracking jalanan baru, kami juga menemukan tempat-tempat yang relevan di kota Bangkalan seperti masjid agung bangkalan, alun-alun, stadion, komplek kantor dinas, serta banyak lagi yang rasanya tidak cukup waktu untuk saya sebutkan satu – satu disini.

Komplek perumahan baru juga mulai banyak bermunculan dan berbenah di kota Bangkalan. Pembenahan yang paling terlihat adalah dengan diaspal atau dipavingnya jalan menuju perumahan tersebut dan jalan tersebut ternyata belum tercover di HERE maps.

Well, di perjalanan tracking saya kali ini tentu saja ada kendala. Salah satunya adalah device tracker yang jadi satu dengan smartphone pribadi. Aplikasi tracking yang saya gunakan ketika itu tidak bisa berjalan di background process, dan saya baru menyadarinya ketika di tengah-tengah perjalanan tracking beberapa daerah disana. Jadi kami harus memulai rute tracking dari awal lagi dengan memastikan bahwa device dalam keadaan “wake up and stay on tracking apps”. Terpaksa saya harus menghidupkan mode silent utk semua panggilan dan pesan yang masuk ke smartphone saya. Dan kendala lainnya adalah device yang sering habis baterai, untuk yang satu ini bisa dicarikan solusinya dengan membawa power bank. Namun, kecepatan charging lebih lambat daripada konsumsi baterai yang begitu ganas saat gps dinyalakan membuat powerbank pun akhirnya tidak menjadi solusi.

Guys, di bangkalan juga ada kuliner khas yang cukup terkenal yaitu bebek sinjay. Saat kami melewati rumah makan bebek Sinjay pemandangan pertama yang Nampak adalah ramai. Parkir kendaraan yang terletak di depan rumah makan tersebut terlihat sangat padat dan didonimasi oleh mobil. Kami pun akhirnya mencari tempat lain untuk makan menikmati makan siang di bagian selatan kota Bangkalan. Oh ya mappers, sebelumnya kami memutuskan untuk mampir sejenak menikmati semilirnya angin di pinggiran selat dan tentu saja berfoto untuk mengabadikan momen tersebut. Di akhir perjalanan, cuaca saat itu cukup gelap di sebagian kota bangkalan, namun hal itu tidak menyurutkan semangat kami semua.
Salam semangat dari kota Bangkalan Madura.

here local surabaya community

2 thoughts on “Trip to Bangkalan Madura Sponsored by HERE Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s