Pencerahan Mengenai Menjadi Karyawan Sebelum Berbisnis


Menjadi karyawan sebelum berbisnis

Hai guys, selamat datang di blog saya yang hampir tak terjamah (terupdate) oleh yang empunya blog ini (hammer for mimin). Well, meskipun begitu akhirnya di awal tahun 2015 ini yang empunya blog ini mau mengaktifkan lagi dengan sering-sering posting tulisan baru (tos buat miminšŸ˜€ ).

Bukan tidakĀ ada sebab mimin (sebutan untuk admin blog ini) puasa nge-post tulisan di sini, oke daripada bertele-tele lagi mending langsung bahas aja judul diatas.

Pernahkah temen-temen (khususnya para fresh graduate) punya impian untuk memiliki bisnis sendiri atau menjadi pebisnis tapi karena tuntutan ekonomi dan minimnya pengalaman harusĀ bantingĀ setir menjadi seorang karyawan?

Pasti muncul pertanyaan di benak temen-temen kan. Yaitu apakah untuk menjadi pebisnis sukses harus menjadi karyawan dahulu, atau apakah bisa sukses jika terjun langsung saja ke dunia bisnis?

sukses butuh proses

Nah, kalau menurut saya kedua hal ini merupakan masalah yang berbeda karena memiliki tantangan yg berbeda dan jenis keberhasilan yang berbeda.

Orang yang ingin menjadi pebisnis, harus melihat dirinya bertanggung jawab total terhadap fungsi organisasi perusahaannya. Berarti harus bisa memampukan diri menjadi orang yang bertanggung jawab dari proses produksi mulai hilir ke hulu (hal terkecil – terbesar).

Nah, itu semua kalau langsung dipelajari sebagai pebisnis…berat sekali.

Karena dalam masa pengejaran proses produksi dalam bisnis tersebut, harus bisa menghasilkan uang untuk membiayai kehidupan dan bisnis.

Sebagian besar orang banyak sekali yang mengambil jalur mulainya sebagai karyawan dulu.

karena kenyataannya, 70% dari bisnis yang sekarang muncul pemiliknya dulunya itu karyawan (lebih condong ke bisnis non IT, tapi bisnis IT juga masuk kok guys).

Mengapa? karena mereka mengambil ide dari bisnis pada tempat dimana mereka terkhir bekerja.

Nah, sebagai anak muda tentunya membutuhkan pendapatan yang teratur untuk membiayai kehidupan karena nanti jika sudah mulai berbisnis kemungkinan besar pendapatan yang diperoleh sangat tidak teratur.

lanjut, sebagai lulusan akademisi memang lebih masuk akal jika memilih menjadi karyawan setelah lulus.

Tapi… buat pemuda yang saat ini harus menutup sementara impiannyaĀ untuk memiliki bisnis sendiri setelah lulus kuliah ada beberapa tips yang bisa dicoba nih guys.

Tips yang pertama….yaitu menyisihkan gaji yang didapat sebagai uang praktikum untuk membangun bisnis sendiri. Tentunya hal ini tidak semudah itu, terutama jika sudah menjadi tulang punggung keluarga.

Ketika kita mulai menggunakan uang praktikum tersebut sebagaimana fungsinya, sebenarnya kita telah memulai bisnis. Tepatnya bisnis satu orang.

Jadi poinnya disini adalah uang tidak hanya digunakan untuk kenikmatan dan kebutuhan, tapi juga digunakan untuk membiayai kemampuan kita membangun bisnis.

Lanjut, tips yang keduaĀ adalah…mencapai pangkat setinggi mungkin pada usia semudah mungkin.
karena jika kita telah mencapai pangkat yang tinggi ada keuntungan yg bisa didapat. Yaitu mengerti sebagian besar sisi bisnis di perusahaan.

Nah, jika sudah paham betul sisi bisnis di perusahaan tempat kita bekerja.
Segeralah untuk resign.

Setelah itu kemana arah bisnisnya? pasti temen2 sudah bisa menebaknya kanšŸ˜€

yup benar, berbisnis sendiri dan paling mudah untuk seorang karyawan yang ahli ketika mulai berbisnis sendiri adalah….benar sekali

Menjadi seorang konsultan. Tapi bukan menutup kemungkinan loh ya untuk menjadi yang lain guys. Seperti berbisnis menggunakan ide yang dipelajarinya di perusahaan dan jadi pesaing deh akhirnya sama mantan bos. Masuk di pasar yang sama dan tidak menutup kemungkinan melayani klien yang sama.

Jadi kesimpulannya, buat temen-temen karyawan yang berniat membangun bisnis sendiri siapkan diri untuk menjadi karyawan yang paling lengkap pengalamannya.

Inilah video yang menjadi sumber inspirasi dan pencerahan buat mimin di postingan kali ini,

Salam Super Pak Mario TeguhšŸ˜€

2 thoughts on “Pencerahan Mengenai Menjadi Karyawan Sebelum Berbisnis

  1. bimoBB berkata:

    numpang komentar gan,
    sebenarnya semuanya tergantung dari pribadi masing-masing mas.
    tiap orang berbeda – beda dari segi skill dan juga pemikiran. dan juga untungšŸ˜€
    bisa saja dia pertama kali buka bisnis dan akan sukses(meskipun gagal berulang kali)
    intinya jangan menyerah aja, jalan selalu terbuka di depan.šŸ˜€
    saay sudah follow blog mas gan

    • MuARa berkata:

      Kang @bimoBB:
      iya kang, yang penting tetap mensyukuri apapun yang terjadi dalam kehidupan kita. Oh ya, terima kasih atas kunjungannya ya kang, sorry baru bales

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s