Road to Champ Team 51ter – Gemastik 6 | 2013 ITB


gemastik 6 2013Hallo sobat blogger, menyambung tulisan saya tahun lalu yang Ini. Tahun ini Alhamdulillah saya berkesempatan untuk menjadi finalis ajang perlombaan nasional yaitu gemastik 6 yang diadakan di ITB.

Gemastik merupakan ajang atau pagelaran tahunan mahasiswa nasional di bidang Teknologi Informasi yang tahun ini diselenggarakan di kota bandung dan ITB menjadi panitia penyelenggaranya.

Saya mendapat kesempatan menjadi finalis dalam kategori sistem cerdas. Kategori ini tergolong baru, karena dalam gemastik tahun kemarin belum ada dan tim saya adalah satu – satunya tim perwakilan dari ITS di bidang ini. Oh ya, saya belum memperkenalkan tim saya yang bernama 51ter.

tim 51ter sistem cerdas gemastik 6

 Tim 51ter dari ITS

Hehehe, memang terdengan aneh ya, sebenarnya nama timnya adalah Siter tapi karena kami semua berasal dari jurusan teknik informatika ITS yang berkode jurusan 51 maka huruf s dan i dari  kata siter kami ganti 51. Hanya permainan kreatifitas agar tidak terkesan hambar. Awalnya saya tidak menyangka tim saya akan yang lolos sampai ke babak final. Mengapa? Karena dari babak penyisihannya saja terbilang cukup sulit. Setiap tim harus membuat agen yang dapat memainkan angry bird pada browser chrome. Tim yang paling jauh memainkan angry bird akan memiliki kesempatan lolos ke babak final. Setiap tindakan harus merupakan kalkulasi matematik dari agen dan tidak boleh hasil human recorded. Hmm, membaca deskripsi soalnya saja sudah terkesan kalau bikin agennya susah. Tapi setelah mulai dikerjakan ternyata cukup (gampang, ga lah bro) menarik. Yups, mengapa? Karena kita akan sadar kalau jauh lebih enak memainkan langsung daripada membuat agen cerdas untuk memainkan game angry bird (udah dari jaman mario bros mas yg kayak gitu). Kita akan tertantang untuk berfikir bagaimana mengkoding gerak parabola yang sudah kita pelajari saat masih SMA di pelajaran fisika. selain itu factor deadline juga membuat semakin menantang.

Alhamdulillah, tim saya tepat satu jam sebelum deadline sudah mengupload programnya (yeay…).  seminggu setelah submition day adalah pengumuman tim yang lolos final di website gemastik 6. Alhamdulillah, nama tim saya yaitu ‘51ter’ muncul sebagai salah satu tim yang lolos ke final. Sebenarnya tim dari ITS yang lolos final totalnya ada 23 tim termasuk tim saya. Dan pada tanggal 6 Oktober 2013 pukul 17.00 WIB dimulailah perjalanan 23 tim ini menuju ke bandung dengan menggunakan kereta bisnis mutsel (mutiara selatan). Berangkat dari stasiun gubeng menuju ke stasiun bandung. Memakan waktu kurang lebih 12 jam duduk di kereta bisnis. Ini merupakan pengalaman kedua saya naik kereta bisnis, secara saya jarang naik kereta karena kemana – mana selalu naik motor. Setelah terasa cukup pegal hanya duduk saja di kereta api, sampailah saya di stasiun bandung… yeah bandung euy.

Hawa pegal menyelimuti kami serombongan dari ITS, meskipun hanya duduk saja. Kami segera mencari alternatif kendaraan untuk menuju ke Wisma PU. Alhasil dapatlah beberapa angkot, lumayan keliling bandung pake transportasi umum (meskipun jaraknya lumayan deket). Sebenarnya panitia menyediakan penginapan di wisma P4TK, tetapi saat itu kami belum tahu lokasi wisma tersebut jadi sementara singgah di wisma PU. Jujur saja suasananya berubah ketika kami sampai di bandung, suasana akan kompetisi secara sehat dan kreatif. Sampai di bandung bukan berarti waktunya bersantai, karena kedatangan kami ke bandung bukan untuk liburan (saja). Melainkan untuk merebut gelar juara umum Gemastik 6 2013.

From mobile to mobile (maksutnya setelah perjalanan masih ada perjalanan lagi) karena wisma PU bukan wisma resmi yang disediakan panitia, kami pun segera menuju ke ITB untuk registrasi dan meminta kejelasan wisma resmi yang disediakan oleh panitia. ITB yang saat itu bukan saja dipenuhi oleh mahasiswa ITB tetapi juga mahasiswa peserta dan dosen pendamping gemastik 6 2013. Saya mendapat satu notifikasi dari kejadian alam tersebut yaitu perwakilan dari ITS mendominasi untuk masing kategori lomba di gemastik 6 2013, kecuali pada kategori sistem cerdas, kategori yang hanya tim saya saja yang mewakili ITS. Tapi hal itu tidak membuat semangat kami turun untuk berkompetisi. Kami sudah berkomitmen bahwa apapun hasilnya, kami tidak akan terlalu ambisi atau kecewa jika tidak mendapatkannya. Secara kami lolos ke babak final saja sudah merupakan suatu kebanggaan tersendiri.

Langsung saja saya ceritakan finalnya, jika dalam penyisihan hal yang dilombakan adalah agen pada permainan angry bird maka dalam final yang dilombakan adalah agen pada robocode. Buat yang belum tahu apa itu robocode bisa dilihat disini. Maksudnya, para finalis diminta untuk membuat agen berupa team robot. Tiap tim robot terdiri dari empat robot, dan masing – masing tim robot finalis akan diadu. Finalis yang memiliki tim robot yang sanggup mengalahkan lawan – lawannya akan melaju ke babak final. Nah, tim saya alhadulillah masih belum… kalah pada pertandingan pertama. Tetapi dipertandingan kedua kami harus merunduk dan mengambil agen robot yang telah kami bangun. Kami kalah… dan kami harus mengakui kehebatan tim lawan yang pantas untuk diacungi jempol. Meskipun kami kalah, kami tetap belajar banyak dari apa yang kami hadapi saat itu.

Well, better next time… meskipun kami kalah hal itu tidak menghalangi ITS menjadi juara umum II secara keseluruhan (Juara umum I diraih oleh Universitas Indonesia). Rasa bangga akhirnya dapat menyelimuti perasaan kami meski tidak ikut menyumbang kontribusi yang besar. Tetapi hal itu menunjukkan masih ada harapan untuk kami dan almamater kami meraih juara pertama. Yah, masih ada…

🙂

One thought on “Road to Champ Team 51ter – Gemastik 6 | 2013 ITB

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s