Catatan Kuliah: Pemrograman Mobile


windows phone 7Kuliah pemrograman mobile merupakan mata kuliah yang tergolong baru di teknik informatika ITS, sebab dalam rangka mengikuti perkembangan teknologi mobile yang berkembang pesat. Saya ambil mata kuliah ini pada semester enam padahal di kurikulum akademik mata kuliah ini ada pada daftar mata kuliah semester 8. Mengapa ? alasan pertama sih ya karena penasaran. Karena ada teman seangkatan yang udah ambil mata kuliah ini di semester lima dan bisa menang lomba, sebut saja namanya Yoz, bang yoz dan timnya berhasil menyabet juara kedua. Alasan kedua ini mungkin agak ga logis, karena saya berpikir kalau bisa ngoding di mobile (smartphone) itu semacam sesuatu yang keren. Ibarat avatar saya bisa menguasai elemen yang kelima, hahaha.

Ok guys daripada kebanyakan menghayal mending langsung saja saya bercerita tentang gambaran besar kuliah ini.

Ok, pertama kali saya masuk di kuliah pemrograman mobile ini pikiran pertama saya langsung tertuju pada suatu sistem operasi (OS) smartphone yang dibilang cukup booming di kampus. Yap, apalagi kalau bukan android. OS dengan simbol makhluk ijo ga jelas ini, menggunakan basis bahasa pemrograman java. Namun struktur kodingnya bukan seperti J2EE lebih mirip J2ME.

Ternyata fakta berkata lain, tahun itu dikampus sedang giat – giatnya eksplorasi teknologi microsoft. Termasuk teknologi mobilenya yang menggunakan OS Windows phone 7.1. Tak disangka teman seangkatan saya si bang yoz dan teman satu timnya tadi jadi asdos di mata kuliah ini.

WP SDK 7.1

Pada awal masa kuliah, kami semua diberi motivasi mengenai apa yang bisa kami dapatkan ketika sudah dianggap bisa koding apps mobile. Oh ya apps adalah kata keren untuk kata aplikasi yang biasanya digunakan pada mobile. Motivasi yang paling saya suka adalah koding untuk bikin apps itu mudah sekali, dan kalau kamu udah jago tapi ga punya devicenya untuk testing akan ada pinjaman device dari jurusan. Eits, tapi devicenya ga boleh dibawa pulang. Dan kalau ga puas dengan dipinjami silahkan kontak pihak nokia barangkali bisa dapat device (gratis).

Pada saat UTS peserta kuliah harus sudah bisa menerapkan webservice atau API pada windows phone 7. Bukan hanya itu, API yang digunakan ditentukan oleh asisten. Saat itu saya (beruntung) mendapatkan travel ticketing menggunakan API ticket.com yang saya rasa cukup mudah untuk digunakan. Oh ya, waktu yang diberikan juga cukup panjang yaitu 48 jam. Meskipun begitu sebaiknya segera dikerjakan karena pasti ada bug yang menjengkelkan.

SplashScreen for the apps

Final Project pada mata kuliah ini menurut saya paling menyenangkan, karena kita dibebaskan untuk mengekspresikan apa yang ingin kita buat. Boleh bikin apps dengan fitur maps sampai bikin game dan yang paling asyik adalah tanpa proposal hanya slide ppt berjumlah maksimal empat slide.

Karena momen ini tidak boleh disia-siakan maka saya putuskan untuk membuat game yang bernama fizzi buzzi. Ide game ini, saya dapat dari permainan anak – anak di luar negeri yaitu fizz buzz. Dengan kemampuan koding mobile yang ala kadarnya akhirnya jadi juga sebuah game yang masih butuh pengembangan lagi, hehehe secara waktu juga hanya satu bulan pengerjaan.

 

Credit Screen Apps

Gameplay Screen

Gameplay screen_2

Yap,, itulah sekilas penggalan kisah saya selama mengambil kuliah pemrograman mobile. Semoga bisa menginspirasi teman – teman untuk enjoy dalam kuliah ini.

 

One thought on “Catatan Kuliah: Pemrograman Mobile

Tinggalkan Balasan

