Refleksi: Pelajaran dan Hikmah di Semester Enam(2012/2013)


Refleksi Semester EnamSemester 6 (Genap 2012/2013) telah berlalu, naif rasanya bila saya langsung berpikir tidak ada beban setelah semua kegiatan perkuliahan habis. Ada baiknya jika saya lakukan koreksi diri dan koreksi kinerja dan menuliskannya di blog ini.

Dibawah telah saya rangkum apa saja pelajaran  yang telah saya petik hikmahnya selama satu semester yang terasa begitu panjang ini.

  1. Jangan pernah merasa nyaman, yang harus dilakukan adalah bersyukur. Bedanya kalau merasa nyaman akan terbentuk suatu pola dimana kita akan stag pada kondisi itu.  Lainnya halnya dengan bersyukur, kita akan terus terpacu untuk selalu maju.
  2. Jangan terlalu focus melihat pada hasil kerja keras orang lain, tapi lihatlah pada apa yang dia lakukan dalam kerja kerasnya. (it’s not about what they do, it’s about what they did).
  3. Untuk permulaan, terlambat lebih baik daripada tidak sama sekali. Tetapi jika terus – terusan berpikir seperti itu maka kita tidak akan bisa maju, strive for excellence.
  4. Respect yourself, jangan kau rusak dirimu sendiri. Karena sumber dari masalah besarmu adalah dirimu sendiri. Segera perbaiki diri, untuk bisa berprestasi di segala situasi.
  5. Jangan menyalahkan orang lain karena kesalahan yang kamu perbuat, karena hal itu sama saja dengan kau tidak mengambil pelajaran.
  6. Belajarlah untuk berkomitmen untuk dirimu sendiri.
  7. Rumus etos kerja adalah lakukan disaat kamu merasa semangat dan tetap lakukan disaat kamu merasa tidak semangat.
  8. Segera punyai sesuatu, segera jadi sesuatu, atau segera bisai sesuatu agar kamu berguna sebelum terlambat dan kamu tidak bisa mewujudkan apa – apa.

Ya, mungkin masih banyak lagi. Tapi kedelapan point inilah yang menurut saya paling berkesan.

Semoga di semester berikutnya (gasal 2013/2014), akan ada petualangan hidup yang lebih seru. Dan akan ada banyak hikmah yang bisa dipetik.

Terima kasih.

nb: sumber gambar –> http://2.bp.blogspot.com/-k1MLeLBVVdo/UNVZKBmuUkI/AAAAAAAAB_c/8tKeLXbXlW0/s1600/renungan-hidup.jpg

 

One thought on “Refleksi: Pelajaran dan Hikmah di Semester Enam(2012/2013)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s