(Jadi Finalis) CompFest2012, Fasilkom UI

Compfest2012

Apa kabar sobat blogger, sudah lama rasanya saya tidak sharing pengalaman di blog saya yang usianya sudah mulai tua ini ( padahal baru tujuh tahun =.=a ). Ditengah kesibukkan membangun kemampuan dan memantaskan pribadi untuk berezeki baik, saya sempatkan di waktu senggang saya untuk berbagi cerita mengenai perjalanan saya menjadi juara di Event Computer Festival 2012 yang diadakan oleh Universitas Indonesia. Oh ya, Main Eventnya sendri  diadakan pada tanggal 13 – 14 Oktober 2012 di perpustakaan pusat UI.

11 Oktober 2012:

GST_Edukatif

Sebelum menceritakan apa saja yang terjadi pada hari kamis ini. Izinkan saya untuk memperkenalkan nama tim saya dalam Web Development competition Compfest 2012 yaitu GST_Edukatif yang beranggotakan saya Muhamad Aminudin Rahman(Ketua Tim), Helmy Satria Martha Putra, dan Ardhiansyah Baskara. (lebih jelasnya silahkan cek di http://tutorcoding.com)

tutorcoding.com

Oke (kembali ke topik), sore hari sekitar pukul 16.30 WIB. Saya berangkat dari kampus(Teknik Informatika ITS) menuju stasiun Gubeng. Kereta yang akan saya naiki adalah BIMA yang berangkat pukul 17.15 WIB dari Gubeng dan akan tiba di stasiun Gambir pada pukul 06.00 WIB. Dan saya akan sedikit blak-blakan bahwa ini adalah pengalaman pertama saya naik kereta api eksekutif keluar propinsi Jawa Timur.

Kereta api pun berjalan, hal yang cukup penting terlupa juga yaitu membeli air mineral sebelum naik kereta. di dalam kereta yang cukup nyaman (dingin) saya mulai merasa kekeringan.  Menahan haus selama empat jam sudah biasa, tapi tidak didalam kereta api. Akhirnya saya (terpaksa) membeli air minum seharga Rp 6.000 yang dijajakan oleh petugas KAI. Saran saya agar anda membeli makan dan minum terlebih dahulu sebelum naik kereta eksekutif ke luar kota karena sesuai dengan pengumumannya “Agar penumpang bisa menyesuaikan menu makanannya sendiri maka layanan makan dan minum gratis ditiadakan.”

12 Oktober 2012:

“Perhatian kepada penumpang saat ini kereta akan berhenti di tujuan akhir stasiun gambir……….. selamat jalan dan selamat sampai tujuan. ”

Inilah yang saya dengar setelah tidur (tidak terlalu) lelap saya di dalam kereta. Waktu menunjukkan pukul 05.50 WIB. Stasiun gambir, lift berhiaskan batik, dan aktifitas penumpang lain yang berjalan bersama saya menuju pintu keluar stasiun gambir.

Setelah sampai di pintu keluar, pemandangan yang bagus adalah aktifitas pagi di sekitar Monumen Nasional (Monas) Jakarta. Karena baru pertama kali berkunjung ke ibu kota saya tidak tahu transportasi apa yang bisa digunakan menuju UI. Ditengah kebingungan tersebut saya bertemu dengan seseorang yang bernama M. Iskandar. Beliau adalah seorang taxi carter stasiun gambir tapi kali ini yang dibawanya bukan sebuah taksi melainkan Suzuki APV.

Secara tidak langsung beliau sebenarnya ingin membantu, Cuma karena baru pertama kenal jadi saya agak canggung.

Akhirnya, saya ikut beliau menuju ke UI Depok. Oh ya, tarif yang dikenakan adalah Rp 200.000 untuk sekali jalan (kurang ramah untuk mahasiswa).

Karena baru pertama kali berkunjung ke Jakarta, pak iskandar merangkap menjadi guide dadakan. Menjelaskan mengenai secuil kota Jakarta, akhirnya obrolan ringan kami sampai pada bahasan favorit yaitu macet.

Pemandangan yang selalu menghiasi ibukota dari dulu sampai…..

Setelah menempuh perjalanan sekitar dua setengah jam kami sampai juga di UI dan segera menuju ke asrama mahasiswa.

Rencananya kami akan menyewa kamar di asrama, tetapi setibanya kami di asrama untuk menyewa kamar terhalang karena tidak adanya surat rekomendasi dari panitia. Cepat-cepat kami menghubungi panitia compfest untuk minta surat rekomendasi. Tidak lama setelah itu mas Fajar (salah satu panitia Compfest2012) segera mendatangi kami yang terlantar di kantin asrama. Dengan sigap, mas fajar segera mengurus surat rekomendasi tersebut dan (sebenarnya) asrama sudah bisa kami tempati siang itu juga.

Karena kami baru saja melakukan perjalanan yang jauh maka kami putuskan untuk melepas lelah di wisma makara.

13 Oktober 2012:

Hari ini agenda kami adalah presentasi karya web di gedung fasilkom UI. Sesuai jadwal dari panitia yaitu mulai pukul 09.00 sampai selesai.  Kami bersiap-siap dari pukul 06.00 WIB, dan berangkat dari penginapan pukul 07.00 WIB menunggu bis kuning melintas di halte asrama.  Pukul 07.30 WIB kami sampai di gedung fasilkom dan mendapat sambutan hangat dari panitia compfest 2012 kemudian Registrasi, pemberian Goody bag dan snack serta menunggu di ruang tunggu.

30 menit kami menunggu, dan akhirnya presentation event Web Development Compfest 2012 dibuka juga. Dilanjut dengan pengundian untuk menentukan giliran presentasi. Luar biasa, hari ini memang hari keberuntungan kami sehingga kami (Tim GST_Edukatif) mendapat giliran pertama untuk maju presentasi.

Di ruang 230-1 kami memulai presentasi pukul 09.05 WIB.

Alhamdulillah, kami melewati presentasi dengan cukup baik dan lancar pada pukul 09.35 WIB. Sewaktu saya beranjak  ke kamar mandi, tidak sengaja saya mendengar seorang mahasiswa yang tampak cemas menelepon seseorang. Sayup – sayup saya dengar apa yang dia bicarakan, intinya orang tersebut meminta keringanan kuiz karena terlambat akibat macet.

Setelah semua tim selesai presentasi, kami mendapat arahan dari panitia untuk menuju perpustakaan UI yang katanya merupakan perpustakaan terbesar  (kategori universitas) se-Indonesia.  Wow, itulah kata pertama yang saya ucapkan tanpa berpikir untuk bertanya apakah saya harus bilang wow?

“Crystal of knowledge”, itulah kata yang terukir besar di pintu masuk perpustakaan, sembari membayangkan kapan ya kira-kira saya bisa kesini lagi dan berkunjung ke semua lantainya (kalau tidak salah total ada 20 lantai [Wow] ).

Pukul 15.15 WIB kami kembali ke asrama dengan menaiki BiKun (singkatan untuk Bis berwarna Kuning yang hanya beroperasi di wilayah UI).

UI_centerLibrary

14 Oktober 2012:

Kami berangkat dari asrama mahasiswa sekitar pukul 07.45 WIB menunggu BiKun di halte asrama mahasiswa. Expo web development competition sendiri dimulai pukul 10.00 WIB dan berakhir pukul 17.30 WIB kemudian berlanjut pada pengumuman seluruh pemenang kompetisi dalam Compfest2012.

The happy team

Biasanya hari minggu bikun tidak beroperasi di kompleks UI, tetapi panitia menyediakan satu bikun khusus untuk para peserta. Pukul 08.00 kami telah sampai di perpustakaan pusat UI, suasana di dalam masih sangat sepi hanya panitia saja yang terlihat mulai menyiapkan acara. Tetapi suasana di luar perpustakaan cukup ramai, mengingat hari minggu waktunya untuk bersantai dan menikmati pemandangan kampus UI yang anginnya sepoi – sepoi.

Ada 8 tim dari web development competition yang akan mengikuti expo hari ini, panitia menyediakan booth berukuran 2 x 6 meter yang terdapat dua meja besar dan kabel roll.

Pukul 11.00 WIB, pengunjung mulai ramai memadati stand kami. Tim kami cukup kewalahan untuk menanggapi pengunjung karena koneksi internet modem kami saat itu sangat lambat.

Oh ya, aplikasi kami menggunakan aplikasi facebook yang harus terkoneksi dengan internet. Sebenarnya sih bisa pake localhost tapi untuk merasakan sensasi dari karya yang kami buat maka akan terlihat lebih hebat jika main langsung di facebook.

all_member

Expo berakhir pukul 17.00 WIB kemudian event dilanjutkan di panggung utama yang terletak di halaman luar perpustakaan. Pengumuman pemenang dilaksanakan di panggung utama pukul 19.00 WIB setelah acara hiburan yang sangat menghibur.

Setelah ditunggu-tunggu pengumuman pemenang web development akhirnya dimulai juga mulai dari pengumuman juara favorit, berhasil diraih oleh tim yang berasal dari SMK Telkom Malang yang bernama IGI_Moklet

The most inspirational team berhasil diraih oleh tim yang sama yaitu IGI_Moklet, juara ketiga juga diraih oleh tim IGI_Moklet.

Juara kedua diraih oleh tim yang berasal dari kota yang sama, tim ara[i] dari Universitas Negeri Malang.

Dan juara pertama diraih oleh tim McFury dari Binus.

Akhir dari cerita saya yang cukup panjang ini adalah tim GST_Edukatif belum menang pada compfest2012. Tetapi kami tidak akan berhenti berjuang sampai disini saja. Meski begitu, perjalanan kami dari awal lomba hingga menjadi finalis sangatlah berharga dan tidak sia – sia.