SmileAvoider Game: Belajar Membuat Game Flash dengan AS3


Selama liburan kuliah, tepatnya pergantian semester ganjil ke genap saya ingin mencoba belajar membuat game dengan menggunakan adobe flash cs4. Otomatis  jika ingin membuat game maka sedikit banyak harus mengerti Action Script3 (AS3). Bahasa AS3 bersifat Object Oriented Programming (OOP) yang hampir mirip dengan bahasa java.

awalnya juga bingung mikir mau bikin game yang kayak apa karena masih pemula sekali di bidang game developer. Untungnya setelah googling sana sini, saya menemukan tutorial membuat game dengan menggunakan AS3 disini. Yap, Avoider yang dalam bahasa indonesia artinya penghindar. Game ini sempat populer pada tahun 90-an, klasik tapi asyik itulah kesan yang saya dapatkan setelah mencoba game ini. si empunya website tutorial memberikan tutorial secara singkat tapi mengena. Terdiri dari beberapa part dari satu sampai 12. Memahami penjelesan kodingannya sangatlah mudah bila telah mempunyai bekal konsep OOP.

Game play sangat sederhana, pemain harus menggerakan character tunggal untuk menghindari serbuan musuh yang terus bermunculan. Score akan semakin bertambah seiring dengan semakin banyaknya musuh yang muncul. Kemudian, jika character menambrak musuh maka game akan berakhir (game over) dan score akan tercetak beserta waktu lamanya game dimainkan.

Jika semua part basic tutorialnya sudah terlewati maka dapat ditambahkan dengan fitur extra. Maksud dari fitur extra adalah modifikasi tambahan seperti character dapat menembak ketika mencapai level tertentu.

Berikut adalah Screen shot hasil game yang telah selesai saya buat:

Level 1

Level 2

Level 3

Level 4

Game Over

Ok, ini adalah akhir dari posting…semoga bermanfaat dan Keep your spirit of Blogging !!!

😀

12 thoughts on “SmileAvoider Game: Belajar Membuat Game Flash dengan AS3

  1. ostkill berkata:

    mas bro,gw mau bikin game car as3_saat player car nabrak object lain/mobil itu kalah_gimana yak caranya_
    please😥

    • MuARa berkata:

      Untuk next level cara paling sederhana yaitu, indikasi kenaikan level seperti skor atau yang lainnya ditampung dalam suatu variabel.
      Kemudian next level ditandai dengan lebih banyaknya kemunculan atau kecepatan musuh serta warna latar yang berubah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s