Semester Ganjil Seru… Semester Tiga(bagian-1)


Semester 3Hallo sobat blogger…. sudah lama nih ane gak update postingan ,mungkin kebanyakan update status di facebook ma twitter kali ya hehehehe. Ok di postingan kali ini ane mau berbagi cerita suka duka kuliah selama semester tiga (bercanda) khususnya apa aja yang udah ane dapet dan pelajari sekaligus menyambung postingan sebelumnya. Oh ya buat yang belum tau (kuliah di mana sih ni anak kok gaya banget :D) ane sekarang lagi study di ITS Surabaya, jurusan Teknik Informatika jenjang S1 angkatan 2010.

Well, menurut ane semester tiga ini  merupakan semester yang seru… kenapa?

Karena di semester tiga mata kuliahnya aplikatif banget, jadi kalo ga bener- bener sering praktik dan latihan bakalan rugi. Daftar mata kuliahnya adalah sebagai berikut (Normal Mode On): PBO(Pemrograman berorientasi Objek) atau OOP, Sistem Operasi,  Komputasi Numerik, Statistika Komputasional, Rekayasa Perangkat Lunak, dan Basis Data.

Yap dari ngebaca daftar mata kuliahnya aja udah ketauan kalo semester ini bakal menjadi semester yang panjang (True story :D) . Kenapa?  karena ada empat mata kuliah yang di akhir semester mengadakan FP (Final Project) kecuali statistika komputasional dan Rekayasa Perangkat Lunak, mungkin semboyan atau kata bijak yang pas untuk kali ini adalah “ No more Lazy man ” dan “ Brave Your Heart… FP and UAS will be coming and soon ” (Kebanyakan intro jadi ga to the point nih ceritanya). Ketika Demo FP dan UAS datang….

Ok, kembali ke pembahasan yang benar dimulai dari mata kuliah PBO. Buat yang pada tau apa itu OOP pasti udah ngerti bangetkan konsepnya dari singkatannya aja udah ketauan Pemrograman Berorientasi Objek, jadi di kuliah ini ane mulai kenal istilah class,objek, identifier, method, attribute dan banyak lagi.Tool yang digunakan yaitu Netbeans (JDK,JRE,dan dll), bahasa yang dipelajari tentu saja bahasa pemrograman Java(bukan bahasa Jawa loh). Kemudian ane mulai belajar apa itu Information Hiding, Enkapsulasi data, kelas turunan dan Interface. Mendekati akhir perkuliahan dosen memberikan FP, ga tanggung-tanggung yaitu: Membuat Sistem Informasi dalam bidang tertentu (Serem banget FPnya gan).

Tepat waktu itu kelompok ane dapet bidang Hotel. Jadi FP kelompok ane harus bikin SI (Sistem Informasi) Hotel. Bisa pake tool database ato pake File IO(Input Output) Stream. Eitss.. ga cuman bisa ngoding, tapi juga harus bisa ngonsep bagaimana diagram kelas dari SI yang akan dibuat serta bagaimana proses bisnisnya. Untuk masalah konsep mengonsep ini tool yang digunakan adalah StarUml.

Kalo ane bilang tool ini berguna banget karena bisa langsung Generate code dari kelas diagram yang udah dibuat. Udah itu aja…? tidak, kalo udah selesai semua bikin laporan juga dong😀. Waktu pengerjaan FP cukup lama yaitu sekitar dua bulan.Oke, pasti pada mulai bosen ya baca postingan ane yang mulai pake bahasa sing ora umum lan monotone kuwi hihihihi.

Sebenernya masih banyak kisah menarik yang mau ane bagi tapi kayaknya enak dibuat berseri biar ga kepanjangan ceritanya (menarik apaan gan, menarik angkot? :D).

Di bawah ini ada sekilas Screen shoot FP ane, cekidot gan😀

Screen shot halaman Login

 

 

 

 

Halaman Admin

 

 

 

 

Halaman Resepsionis

 

Halaman Data Kamar

 

Yawdah ini adalah akhir dari postingan ane semoga cerita diatas bisa dijadikan semangat atau inspirasi bagi sobat blogger semua.

Keep your spirit of blogging!!!

😀

Tinggalkan Balasan

