Dari 2.81 ke 3.52


Sobat blogger gimana kabarnya ni, moga tambah sehat ja dihari yang mendekati hari raya idul fitri 1432 H. Langsung tanpa basa-basi kali ini ane mau nyeritain gimana hasil akademik kuliah ane selama dua semester. Semester 1: Sebelum masuk ke sub bab ni, ane mau njelasin dulu kalo ane aktif kuliah di ITS Surabaya jurusan Teknik Informatika pada tahun 2010 (Udah bukan mahasiswa baru lagi ya gan :D). ada suatu kebanggan tersendiri ketika pertama kali menginjakkan kaki di kampus perjuangan tersebut. Di semester pertama ane masih newbie masalah perkuliahan yang terus terang saja materinya memang agak berbeda dengan pelajaran SMA, kalau di SMA ane cuman belajar design antara lain pake photoshop, corel, gimp,dan flash. Dan yang paling seru adalah blogging, dan sedikit mengenai html dan css. di semester ini mata yang kuliah yang dipelajari adalah Pemrograman terstruktur (disingkat PT) bebannya 4 sks, Sistem Digital (Sisdig) bebannya 4 sks, Aljabar linier (Alin)bebannya 3 sks, Kalkulus 1 (kalku) bebannya 3 sks , Sistem dan teknologi Informasi (STI) bebannya 2 sks, serta Bahasa Inggris bebannya 2 sks. Ada pepatah mahasiswa mengatakan bahwa kesuksesan nilai suatu mata kuliah besar dipengaruhi oleh dosen.

Benar sekali karena dalam proses kuliah mahasiswa dituntut untuk bisa menterjemahkan ilmu yang ditransfer oleh dosen ke dalam suatu bentuk atau model yang mudah kita pahami. Dalam kata lain di bangku kuliah ini ane belajar untuk memahami karakteristik dosen serta belajar memahami apa yang diberikan dosen serta membentuk kemadirian dalam belajar. Ane baru ngerti filosofi kayak gitu justru akhir-akhir perkuliahan semester satu. Jadi ane harus puas dengan hasil IP semester sebesar 2,81. Lumayan dan harus disyukuri karena maklum masih maba😀 (Lumayan dari pada nasakom gan ). Kuliah harus berlanjut meski di semester satu cuman dapet IP 2,81. Masuk di semester dua ane bisa dibilang bukan maba lagi. Waktu satu semester ane rasa cukup buat beradaptasi dengan kehidupan kampus. Dengan semangat dalam hati, ada harapan untuk bisa memperoleh hasil yang lebih baik dari yang lalu. Tekad kuat mulai kutanamkan pada hati itu. Hati yang bisa dibilang sebagian diisi oleh semangat yang dihiasi kemarahan. Karena tidak ingin lagi jatuh di lubang yang sama, melakukan kesalahan yang sama, yang menua dalam kesalahan yang sama. Oke, lanjut ke topik…….karena IP 2,81 maksimal ambil 20 beban sks di semester dua, sementara temen ane yang IPnya 3,xx maksimal ambil 24 beban sks di semester dua. It’s Ok dude, ane jalanin aja meskipun ada keinginan buat nambah mata kuliah. Mata kuliah di semester dua antara lain Algoritma dan struktur data (disingkat ASD) bebannya 4 sks, Organisasi computer (Orkom) bebanya 3 sks, kalkulus II (lanjutan dari kalkulus I) bebannya 3 sks, Teory graph dan Otomata (TGO) bebannya 3 sks, Agama Islam bebannya 2 sks, dan Matematika Diskrit (Matdis) bebannya 3 sks. Singkat cerita dengan mengucapkan syukur Alhamdulillah kepada Tuhan Yang Maha Esa, ane berhasil dapet IP 3,52 disemester dua dan total IPK di tahun pertama 3,28…..(You’re the man, dude). Tentunya ane ngedapetin IP 3,xx tu ga gampang bro, perlu disiplin, konsistensi, dan semangat pastinya. Seimbangin antara doa, usaha, dan kenyataan jadi kalo berhasil senang banget dan kalo gagal ga sedih ato depresi amat. So, jangan pernah berhenti berusaha dan berharap karena pasti Tuhan akan membukakan jalan. Yap, ane rasa cukup itu dulu buat postingan kali ini. Semoga bisa dijadikan inspirasi dan bermanfaat dan sampai jumpa di postingan berikutnya mengenai IP di semester tiga dan empat😀 (kalo ga males ya gan, hihihihi) Salam…. Keep your spirit of studying and blogging😀

Tinggalkan Balasan

