Setelah Hibernasi, Kini Kembali ke Habitat Asli


ayo ngeblog

Salam Blogger,

Rasanya saya sudah lama sekali tidak posting di blog ini. Bahkan ketika wordpress meluncurkan menu baru di dashboard saya tidak mengetahuinya. Itu semua karena saya sudah hampir satu tahun tidak pernah nge-blog lagi. Jangankan posting, hanya mampir ke blog sendiri saja sebulan sekali saya lakukan. Mengapa?… panjang sekali ceritanya, karena banyak yang terjadi dalam hidup saya semenjak vaccum nge-blog.  Yang pasti, postingan ini saya buat sebagai deklarasi bahwa saya yang bernama M. Aminudin R, blogger asli Surabaya. Menyatakan akan kembali aktif nge-blog setelah hampir setahun menghilang dari dunia blogger..(kok agak lebay ya…..==”).

Saya paham bahwa hanya deklarasi saja tidak cukup, maka pada postingan yang seolah-olah perdana ini saya akan bercerita tentang perguruan tinggi yang menjadi tujuan saya melanjutkan pendidikan, yaitu ITS . kepanjangan dari ITS adalah Institut Teknologi Sepuluh Nopember, tapi entah mengapa ada versi lain yang mengatakan bahwa ITS adalah kepanjangan dari Institut Teknologi Sepuluh November dan Institut Teknologi Surabaya.

dari salah satu sumber artikel populer ,Wikipedia.

Institut Teknologi Sepuluh Nopember merupakan salah satu perguruan tinggi teknik terbesar di Indonesia, yang merupakan pusat unggulan sains dan teknologi di Indonesia. ITS terkenal dengan keunggulan di bidang teknologi perkapalan dan robotika. Saat ini ITS sedang dalam proses untuk mendapatkan international recognition sehingga mulai tahun akademik 2005/2006 ITS tidak hanya menerima lulusan SLTA Indonesia, tapi juga pelajar lulusan luar negeri.

Kampus ITS Sukolilo menempati areal seluas 180 hektare dengan luas bangunan seluruhnya kurang lebih 150.000 m2. Selain itu terdapat Kampus Manyar yang dipergunakan oleh Program D-3 Teknik Sipil dengan luas bangunan 5.176 m2 dan Kampus ITS Cokroaminoto yang dipergunakan untuk magister manejemen serta beberapa lembaga kerjasama dengan luas bangunan 4.000 m2.

Pada tahun 1957,  PII Cabang Jawa Timur mengadakan lustrum pertama dan gagasan mendirikan lembaga pendidikan tinggi kembali dilontarkan. Sebagai hasilnya, dr. Angka Nitisastro, seorang dokter umum, bersama dengan insinyur-insinyur PII cabang Jawa Timur memutuskan untuk mewujudkan berdirinya sebuah Yayasan Perguruan Tinggi Teknik.

Beberapa alasan pokok pendirian yayasan tersebut antara lain:

  • Lahan Indonesia yang luas dan memiliki kekayaan hasil alam yang melimpah dan belum dimanfaatkan
  • Kebutuhan akan tenaga insinyur sekitar 7000 untuk melaksanakan program-program pembangunan dan industri di dalam negeri.
  • Melihat perbandingan dengan jumlah insinyur di negara maju dan berkembang lainnya yang jauh perbedaannya.

pada tanggal 17 Agustus 1957. Yayasan Perguruan Tinggi Teknik (YPTT) secara resmi berdiri dan diketuai oleh dr. Angka Nitisastro. Yayasan tersebut dibentuk sebagai wadah untuk memikirkan tindakan-tindakan lebih lanjut dan memperbincangkan sedalam-dalamnya segala konsekuensi yang berkaitan dengan pengambilan keputusan dalam rangka membulatkan tekad mendirikan sebuah Perguruan Tinggi Teknik di kota Surabaya.

pada tanggal 10 Nopember 1957, Yayasan mendirikan Perguruan Tinggi Teknik 10 Nopember Surabaya yang diresmikan oleh Presiden Soekarno. Perguruan Tinggi Teknik 10 Nopember Surabaya hanya memiliki dua jurusan yaitu, Jurusan Teknik Sipil dan Jurusan Teknik Mesin.

Setelah beberapa tahun melalui usaha-usaha yang dirintis oleh tokoh-tokoh dari YPTT, Perguruan Tinggi Teknik 10 Nopember diubah statusnya menjadi Perguruan Tinggi Negeri dengan nama: “Institut Teknologi Sepuluh Nopember di Surabaya”. Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya yang semula memiliki 2 (dua) jurusan yaitu Teknik Sipil dan Teknik Mesin berubah menjadi lima yaitu: Teknik Sipil, Teknik Elektro, Teknik Mesin, Teknik Perkapalan, dan Teknik Kimia. dsbnya……

Tentunya saya tidak sekedar bermimpi, karena telah saya buktikan dengan suatu tindakan , tindakan yang membuat saya mengubah paradigma dan pola berpikir saya. Tindakan yang pastinya berdampak besar pada kehidupan dan masa depan saya. Alhamdulillah saya berhasil diterima di ITS tepatnya di jurusan yang tidak jauh-jauh dari utak-atik komputer yaitu Teknik informatika pada tahun 2010 lalu.

Ok sobat blogger, dari postingan ini ada tiga point yang dapat disimpulkan yaitu:

1. Saya M. Aminudin R telah aktif kembali untuk nge-blog.

2. Saya telah resmi menjadi mahasiswa teknik informatika ITS pada tahun 2010.

3. Tunggu postingan saya berikutnya😀

Di akhir tulisan ini ingin saya pekikan kata-kata saya dahulu agar tetap semangat nge-blog…yaitu

KEEP YOUR SPIRIT OF BLOGGING !

😀

6 thoughts on “Setelah Hibernasi, Kini Kembali ke Habitat Asli

Tinggalkan Balasan

