Media Pendidikan yang Revolusioner itu Bernama BLOG


the BLOG

Spekta BLOG Banner

Semakin pesatnya kemajuan teknologi komunikasi di Indonesia memudahkan kita dalam melaksanakan proses pembelajaran walaupun guru dan murid tidak dalam satu tempat. Banyak sekali sarana-sarana yang dapat menunjang proses pembelajaran. Salah satu media yang cukup efektif dalam menunjang proses belajar mengajar adalah Blog. Yap… mungkin kebanyakan orang sudah pada kenal sama makhluk ini, jadi makhluk ini bukan makhluk asing kan. Apalagi dengan adanya blog engine gratis yang memudahkan setiap orang memiliki blog sendirimebukan peluang bagi blog untuk terlibat dalam dunia pendidikan Indonesia. Penggunaan blog sebagai sarana penunjang pendidikan merupakan ide cemerlang. Karena sesuai dengan perkembangan dan tuntutan zaman, mengharuskan para generasi muda( bukan berarti hanya generasi muda saja) memiliki kemampuan yang berkwalitas dalam menggunakan teknologi Informasi. Hal itu tentu tidak terlepas dari peran para guru/pengajar. Para guru yang memiliki kesadaran menggunakan teknologi (khususnya blog) pasti sangat sering meggunakan blog. Dengan meningkatkan frekuensi penggunaan blog sebagai media pengajaran oleh para guru, diharapkan dapat meningkatkan kreatifitas dan keterampilan para guru dalam menyiapkan, menyajikan dan menyampaikan materi yang akan diajarkan kepada siswa/i. Dengan begitu, kwalitas para guru akan lebih baikdan terus meningkat karena akan terdorong untuk terus belajar, dan menjadi profesional.

Saya pikir penggunaan blog sebagai sarana penunjang pendidikan, dapat meningkatkan kesadaran para siswa/i sebagai generasi muda, bahwa menggunakan teknologi (khususnya blog) untuk pendidikan yang bersifat positif itu penting. Saya ulangi, menggunakan blog sebagai untuk pendidikan yang bersifat positif itu penting. Serta memiliki kemampuan menggunakan teknologi informasi untuk pendidikan yang bersifat positif itu hukumnya hampir mendekati sunnah muakad ( mungkin 5 tahun ke depan hukumnya berubah mendekati wajib). Dengan begitu, siswa yang peka akan terdorong untuk memiliki kemampuan menggunakan teknologi ( khususnya blog) secara maksimal . Saya rasa anak remaja sekarang senang mengutak-atik blog atau situs pertemanan yang mirip dengan blog. Jadi tidak sulit menyuruh generasi sekarang untuk mendalaminya. Disamping itu menggunakan blog sebagai sarana penunjang pembelajaran akan menambah semangat siswa dalam belajar dan mengerjakan tugas di blog. Karena seperti melakukan blog walking di blog milik gurunya kemudian membaca salah satu artikel yang berisi perintah mengerjakan tugas lalu mengerjakan tugas diblog tersebut seperti sedang melakukan post koment( tapi dilarang keras mengarang spam komment). Secara tidak langsung siswa/i lebih menyukai pembelajaran menggunakan blog yang interaktif, menarik, dan enak dipandang. Itu berarti secara tidak langsung juga, mengunakan blog sebagai sarana penunjang pembelajaran dapat membantu menciptakan suasana belajar yang sersan (serius-santai), menyenagkan, dan kondusif.

Sebenarnya masih banyak keunggulan mengunakan blog sebagai sarana penunjang pembelajaran yang ingin saya uraikan lagi. Tetapi sisakan beberapa spasi dan ijinkan saya untuk menceritakan pengalaman saya memiliki guru yang menggunakan blog sebagai media alternatif pembelajaran.

Yang pertama adalah guru Matematika saya yang mengunakan blog sebagai media untuk mengupload foto dan posting artikel itu sudah biasa. Tetapi beliau juga mengupload materi pembelajaran, pengumuman, dan yang paling saya sukai adalah nilai siswa di blog beliau. Sehingga saya dapat melihat hasil nilai ulangan saya dan teman-teman. Apakah semakin lama semakin meningkat atau bergerak parabola kebawah? (Insya Allah meningkat. Amin). Ada juga guru TIK saya yang menggunakan blog sebagai media pengumpulan tugas-tugas siswa. Sehingga siswa tidak perlu cemas bila akan mengumpulkan tugas, ketika guru yagn bersangkutan tidak hadir sedangkan deadline submitnya hari itu. ( idih…kok jadi curhat beneran ya??)

Guru yang saya sebutkan diatas bisa anda temui di SMAN 11 Surabaya ( pertanyaan yang sering diajukan pembaca setelah membaca tulisan bercetak tebal diatas adalah dimana letak nya???) yang terletak di Perumnas tandes 1.

Sebelum menghilang akan saya sebutkan harapan dari apa yagn saya uraikan diatas. Ending dari Penggunaan blog sebagai sarana penunjang pendidikan adalah dapat mencetak generasi yang tidak gaptek dan tidak cupu (culun puooool) dalam bidang teknologi informasi. Sehingga, yang menjadi harapan dunia pendidikan Indonesia, bangsa Indonesia, dan saya yaitu mencetak, memiliki, dan menjadi generasi penerus bangsa yang berkualitas dan siap menghadapi persaingan global dan tantangan multi dimensi, tidak mustahil untuk tercapai. Kemudian Indonesia dapat menjadi negara yang tidak kalah majunya dengan negara-negara lain. Bagaimana?Anda Siap?

9 thoughts on “Media Pendidikan yang Revolusioner itu Bernama BLOG

  1. A.J.I berkata:

    benar sekali, sekarang ada perhitungan kualitas universitas berdasarkan internet dan aktivitas Bloging’nya dan UGM merupakan universitas berperingkat tinggi untuk pemanfaatan internet sebagai media pembelajaran melalui Blog, salam kenal

    • MuARa berkata:

      Terimakasih mas saya yang masih pelajar SMA ini juga merasakan manfaatnya
      dan SMAN 11 SBY juga sekolah yang berbasis IT
      Keep your spirpit of blogging!!!
      salam kenal juga

  2. Nanang berkata:

    Setuju mas, bahkan buat saya yang pendidikan pas2an, blog bisa buat sarana belajar. Semoga para blogger bisa mengoptimalkan pemanfaatan blog. ngebloglah dengan niat baik dan diridhoi ALLAH SWT.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s