Sapu Angin 1 :Hemat BBM dan Ramah Lingkungan Made in Mahasiswa ITS (Indonesia)


THE SUPER CAR

Sabtu,16 January 2010. Sekitar pukul 12.00 WIB, muara melihat acara berita di salah satu stasiun Televisi swasta di Indonesia. Awalnya saya hanya iseng-iseng saja barangkali menemukan berita kontroversional tentang masalah pelaksanaan UNAS 2010 atau sesuatu berbau IPTEK yang bisa muara gunakan sebagai ide untuk posting artikel terbaru.

Tak lama kemudian muara menyimak berita update yang bener-bener bau IPTEK asli. Judul berita itu adalah “Mobil Super Hemat BBM Sapu Angin.” karena penasaran muara terus menyaksikan berita tersebut.

Yah…mobil hebat tersebut bernama ”sapu angin”. Saat ditanya oleh reporter berita tersebut, mengapa diberi nama sapu angin? Salah seorang dari tim yang merakit mobil hebat tersebut yang merupakan mahasiswa aktif dari Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya jurusan Teknik Mesin tersebut menjawab, bahwa nama itu diambil dari ajaran salah satu sunan dari wali songo yaitu sapu angin yang konon dapat berpindah dari satu tempat ke tempat lain yang hanya memerlukan sedikit tenaga.

Mabil super hemat tersebut diyakini hanya memerlukan satu liter bensin untuk dapat bergerak sejauh 1000 Km. Hebatnya lagi mobil tersebut juga ramah lingkungan karena tidak memerlukan banyak Bahan Bakar. Sapu Angin didesain untuk memaksimalkan efisiensi energi dengan mengurangi gaya hambat angin sehingga irit BBM.

Memang tujuan mereka membuat mobil super hemat tersebut adalah untuk menciptakan kendaraan yang hemat BBM dan ramah lingkungan karena masalah krisis energi yang tidak bisa dihindari lagi.  Selain itu hal ini sekaligus menjadi langkah awal mahasiswa ITS dalam menghadapi kompetisi internasional Shell Ecomarathon (SEM) di sirkuit Sepang, Malaysia, 8-10 Juli 2010 mendatang. Momen ini adalah ajang membuat kendaraan yang dapat menempuh jarak terjauh dengan bahan bakar sehemat mungkin. Jadi dengan kata lain kontes irit-iritan bahan bakar.

Peluncuran kali pertama di  Sirkuit Balap Ken Park Kenjeran. Senin, 11 Januari 2010,pada saat itu masih terdapat beberapa kendala khususnya di sistem transmisi. dari mobil sapu angin 1.

kendaraan mini itu sempat beberapa kali mogok. Kelemahan ini akan terus dievaluasi untuk diperbaiki dan disempurnakan tentunya.

Keberadaan mobil Sapu Angin 1 ini mendapat bantuan dana  dari PT Shell Indonesia, berupa dana segar sekitar $ 5700,tak heran bila di body mobil tersebut terpampang stiker PT Shell Indonesia dan stiker dari pihak lain yang mensupport kehadiran mobil super hemat energi sapu angin satu tersebut.

Setelah menyaksikan berita tersebut muara merasa tergugah untuk berkontribusi atau memberikan suatu karya yang dapat mengangkat nilai bangsa kita bangsa Indonesia yang juga masih dalam perkembangan dan masih dalam rumpun melayu ini.

Kira-kira bila generasi muda Indonesia terus berksplorasi dengan IPTEK sesuai dengan kemampuan serta adanya upaya untuk memperjuangkan itu meskipun bukan hal yang besar.

Tahun ini adalah mobil sapu angin 1 dari mahasiswa ITS dan mungkin tahun berikutnya karya seperti apa yang akan muncul dari generasi muda Indonesia?

Bisa jadi andalah yang akan menemukan karya itu,bagaimana anda siap????

“Great technology starts from a simple idea”

(MuARa,the author of this blog)

3 thoughts on “Sapu Angin 1 :Hemat BBM dan Ramah Lingkungan Made in Mahasiswa ITS (Indonesia)

  1. Nanang berkata:

    Memang dikala Bumi semakin tua
    dan sumber energi semakin kritis, menciptakan alat transportasi yang hemat BBM dan ramah lingkungan adalah hal yang tepat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s