Jambore versi Peniti (1)


Official logo Event jambore PENITI 2009 (modif)

event Jambore peniti yang dilaksanakan pada tanggal 16-18 Oktober 2009 bertempat di Bumi Perkemahan Semen Gresik disambut cukup antusias oleh para peserta, alumni dan tamu. Siapa dulu yang punya gawe tidak lain adalah komunitas PEniti alias pencinta IT SMAXIS. Acara ini disupport oleh telkom Indonesia,telkom telepon rumah, telkom speedy,dan Hi-tech mall Surabaya. Pada awal acara panitia sudah semangat untuk memasang 15 umbul-umbul sponsor dan dua spanduk kegiatan di sekitar lokasi perkemahan. Ditambah lagi acara sambutan awal yang molor sampai jam 8 malam yang seharusnya berlangsunpada pukul 18.30 WIB.

Setelah pembina PENITI(Mr. Aghofur) selesai memberikan sambutan yang sebagian besar berisi kisah kakak angkatan pertama PENITI yang survive militan dan penuh semangat pada pukul 22.30 WIB. Peserta dan panitia melanjutkan agenda acara yaitu istirahat sejenak. Baru saja mau memejamkan mata dan berlayar di negeri tanpa kapuk, megaphone korlap berbunyi” Panitia harap kumpul sebentar.” Yang berarti saya harus kumpul, ya beginilah salah satu asyiknya jadi panitia jamboree PENITI 2009. ternyata berunding masalah jelajah malam yang akan dilaksanakan 3 jam lagi (apa…gak turu sek ta kok ga jelajah pagi sajaaaa…). Saya kebagian tugas menjaga pos pemberangkatan peserta. Ketika kawan-kawan panitia menuju ke posnya masing-masing saya ditemani salah seorang teman yang juga kebagian job menjaga pos yang sama dengan saya. Waktu menunjukkan pukul 00.00 WIB yang berarti harus membangunkan peserta untuk jelajah malam, wajah mereka agak aneh ketika bangun tidur campur kaget, rasane pengin tak foto tak edit trus tak upload nang facebook ( tapi ga sido). Jelajah malam berlangsung agak seru karena saya tidak ikut terjun ke hutan yang gelap dan liar itu (gak gowo senter yo balik muter) berakhir kira-kira pada pukul 03.00 WIB. Peserta dan panitia tampak kelelahan tapi tidak ada yang berani pergi ke toilet sendirian padahal tempatnya terang lho (akeh kodok ambek gamabunta sing moro-moro muncul nang jeding). Keesokan harinya masuk hari ke-2 JAMBORE PENITI, wajah panitia dan peserta yang kelihatan butuh jatah tidur yang lebih mewarnai pagi yang sejuk di BUPER SG. Nah, acara awal pada hari kedua adalah senam pagi yang agak geje dilanjut dengan materi tutorial I yaitu perakitan computer. Pada materi perakitan komputer pemberi materi adalah saya (muara opo amin) dan Nuzul. Para peserta sangat antusias mendengarkan materi tersebut. Tapi setelah proses perakitan selesai tinggal ngecek aja malah kompinya yang tidak antusias ditunjukkan dengan gak mau nyalah pas di pencet tombol powernya. Tapi alhamdulillah akhirnya bisa setelah diutek-utek sama mas gempur. Setelah semua materi tutorial selesai peserta dan panitia ISHOMA sebentar. Pas ditengah-tengah acara ISHOMA datanglah seorang tamu yang tidak asing dimata panitia. Beliau adalah Pak Ndaruworo,Ibu Palupi,dan pak Suharto (bukan pemimpin orde baru tapi guru fisika di SMAN 11 SURABAYA). Beliau hanya datang sebentar dan pergi lagi tidak sempat memberikan sepatah kata semangat untuk peserta dan panitia. Entah apa yang beliau bicarakan dengan pembina PENITI sehingga cepat-cepat pergi.

Ditengah bawah terik sinar matahari di kota Gresik yang panas panitia melanjutkan rangkaian acara kali ini acarnya adalah game out bond. Sederhana tapi bermakna itulah temanya. Setelah itu acara dilanjut dengan tutorial instalasi linux dan repositori oleh KLAS (Komunitas linux Arek Suroboyo) tampak sekali wajah kelelahan dari panitia dan peserta saat itu. Tapi dari jarak yang lumayan jauh terlihat rombongan pelajar yang mengenakan baju olahraga dari salah satu SMAN di Surabaya. Ehm… barlanjut acara sampai adzan maghrib berkumandang. Tamu-tamu sudah banyak yang berdatangan diantaranya:

Komunitas Linux Universitas Trunojoyo (KOELIT)

Komunitas Linux Arek Suroboyo (KLAS)

Komunitas Tugu Pahlawan.com (TPC)

Komunitas Blogger Gresik

Komunitas Joomla dan lain-lain.

Acara pada malam itu sangat mirip dengan suasana pesantren ditambah dengan iringan musik banjari dan qosidah serta dandanan pembina PENITI.

Kemudian acara optimasi (optimized) blog yang diisi oleh TPC menandakan kelelahan puncak dari panitia yang pada akhirnya kebanyakan panitia istirahat di tempat. Entah kenapa saya jadi ikut istirahat juga. Bangun-bangun hari masih gelap, lumayan sudah tidur 2 jam…..

Lalu dari kejauhan tampak salah seorang panitia membakar sesuatu yang menimbulkan api yang cukup besar.

BERSAMBUNG…..

Official logo black edition

Official logo black edition

2 thoughts on “Jambore versi Peniti (1)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s