Reuni feat. Buber with my old friends part. 1 (SDN Manukan Kulon IV Tahun 2003-2004)


Setiap orang yang hidup pasti pernah berteman dan memiliki teman. Entah bertemu waktu masih duduk di bangku sekolah, dirumah atau ditempat kerja. Menjalani proses hidup dengan mereka membuat kita memiliki cerita hidup yang menarik. Menurut saya, teman yang masih melekat jelas dalam benak pikiran adalah teman sewaktu kita duduk di bangku Sekolah Dasar. Bagaiman kita bisa lupa kalau kita bertemu dan menjalani proses pembelajaran bersama selama enam tahun lamanya. Ehm…ngomong-ngomong soal teman SD, saya jadi teringat teman-teman saya semasa masih di bangku Sekolah Dasar. Baiklah saya akan menceritakan pengalaman sewaktu menghadiri reuni dengan teman-teman SD saya. Reuni tersebut dilaksanakan pada tanggal 05 september 2009 (hari sabtu) yang juga bertepatan dengan 15 Ramadhan 1430 Hijriyah,bertempat di rumah salah satu teman yang bernama Ayuk dan dimulai pada jam 16.00 WIB (lho… berarti bulan puasa dong). Yap,reuni waktu itu juga menggunakan konsep buka bersama atau biasa disebut dengan istilah Buber.

Sebelum saya berangkat di tempat tujuan saya dijemput oleh dua teman SD yang saat ini satu sekolah Menengah Atas dengan saya. Namanya adalah Buchari dan Syaiful Rizal. Mereka mengajak untuk pergi bersama karena sama-sama tidak tahu lokasi rumahnya Ayuk (si tuan rumah). Maka kami bertiga memutuskan untuk pergi ke rumah salah satu panitia reuni tersebut yang juga merupakan teman SD yang saat ini satu sekolah dengan saya namanya Rengga. Alhamdulillah dia belum berangkat jadi dia bisa menunjukkan jalan menuju ke lokasi reuni.

Pelajaran pertama:

Jadilah orang yang serba tahu karena bisa menjadi pembawa lentera (penunjuk jalan) yang berguna bagi orang lain.

Sesampainya di lokasi reuni (Ayuk’s house) ternyata siput berlari lebih cepat dari perkiraan (perumpamaan untuk kedatangan yang terlalu dini jowone iku teko esuk umun-umun). Disana hanya ada pemilik rumah (Ayuk), sanak keluarganya, rumahnya, pohon-pohonnya, dan teman-temannya yaitu kami (MuARa, Rizal, Buchari, Rengga) serta , Erry, Rahma, dan Noviana. Karena masih awal-awal ketemu, kami agak setengah jaim-jaim sibuk (Jaim yang disertai suatu kesibukkan yang gak jelas). Tapi karena saat itu bulan Ramadhan, kami cepat-cepat melumerkan suasana dengan mengajak mereka mengobrol ringan.

Pelajaran kedua:

Sikap Jaim bukan tindakan untuk membuat jarak diantara orang lain atau merasa perfect dan lain-lain. Tetapi merupakan suatu sikap yang diambil agar orang lain yang belum mengenal kita secara eksternal dan internal tidak salah persepsi atau tidak salah dalam memandang dan menilai diri kita.

Waktu berlalu hingga mendekati Adzan maghrib. Teman-teman dari jauh mulai berdatangan berkumpul dengan suasana yang penuh dengan kisah dan kenangan semasa duduk di bangku sekolah dasar. Sedikit mengenang lembaran-lembaran lama berharga, menjadi obat untuk menghanyutkan rasa rindu yang terasa menggelora dalam jiwa dan pikiran yang seharusnya telah dewasa oleh waktu dan kala. Proses yang cukup lama membuat kedua bola mata ini menjadi sedikit lupa-lupa ingat wajah teman lama yang sebaya. Tetapi,  walaupun agak berbeda kita tetap saling mengenal sesama. Hal itu terlihat dari sinar mata kita yang masih dapat merasakan kehadiran seorang teman yang berharga.

Hingga kumandang suara Adzan maghrib memenuhi langit di Surabaya sore itu.

Pelajaran Ketiga:

Jangan berpatokan pada kondisi atau bentuk lama dari seseorang karena boleh jadi semua hal itu telah berubah termasuk sifatnya.

Kisah indah seperti ini kalau dihabiskan dalam satu posting terasa kurang seru. So…sampai jumpa di positngan selanjutnya

9 thoughts on “Reuni feat. Buber with my old friends part. 1 (SDN Manukan Kulon IV Tahun 2003-2004)

    • MuARa berkata:

      MAs Andri Perlunya reuni itu untuk menjalin silaturahmi dengan teman lama yang mungkin sudah lama tak bersua. OKe kalao gitu kapan-kapan bikin reuni peniti aja bereskan!!!
      Keep spirit of blogging!!!

  1. TIARA berkata:

    wow asyik tuh ketemu ama tmn lama”mungkin teman2 aku dah lupa ama aku kan aku keluar dari SDN MANUKAN KULON 4 dari kelas 2 trus pindah di SDN KANDANGAN 2 mlai dari klas 3 Heeem jd ingat wkt dLu”qw skrng sekolah d Smpn 1 gandusari tmpt tnggal d wlingi”pengenya sich k sana tapi gak da wkt”Heeem pSti SDN KANDANGAN 4 jauh lebih bgus dari yang prnah aku liat dulu.klau da tmN yg ingat ama qw”Alhamdulilah aku terakhir mampir skitar tahun 2003 hehehe qw masih klas 3sd’za udah SUKSES BWT GURU guru N Ank2 SDN MANUKAN KULON 4 JGN pd bandel z d skhool n Nrut kta bu guru 0ke C0y…””…”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s