Tidak hanya kepandaian tapi juga kesabaran


Kita pasti pernah merasakan hari-hari sekolah yang begitu akrabnya dengan rutinitas harian yang pastinya harus dijalani dengan sabar dan penuh semangat. Kenapa harus sabar dan penuh semangat?

Pertanyaan ini sering tidak kita sadari padahal kita sudah melakukannya tapi bisa jadi tak merasakannya atau tiada menyadari. Coba hitung berapa tahun kita duduk di bangku sekolah mulai dari TK, SD, SMP dan SMA. Tentunya waktu yang dibutuhkan untuk menempuh semua itu tidaklah singkat. Tidak seperti PTC yang harus menunggu adanya iklan tiap harinya. Sebagai manusia kita pasti punya perasaan jenuh dalam menghadapi suatu hal khususnya dalam keseharian kita bersekolah. Tapi ketahuilah bahwa kita dapat melewatinnya dengan masih tetap bercanda dengan teman sebaya kita, atau masih ada semangat dalam hati untk melanjutakan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi yang berarti penuh semangat. Melewati masa-masa remaja di sekolah (khususnya di SMA kelas 12) merupakan masa yang dirasa berlalu sangat cepat. Menemui teman-teman yang sama dan pastinya telah mengetahui watak dan karakter masing-masing teman.

Saya terlalu bertele-tele menulis artikel ini, sebenarnya yang mau saya bahas kali ini adalah pesan yang diberikan oleh Kakak yang telah lulus SMA dan tengah menjalani dunia kuliah,kepada adiknya yang akan lulus SMA atau masih duduk di bangku kelas 12 SMA.

Kakak saya yang saat ini tergolong Maba (mahasiswa baru) di salah satu perguruan tinggi negeri di Surabaya. Dia pernah berkata pada saya bahwa masa-masa yang dia alami dulu sewaktu duduk di bangku SMA rasanya tidak akan bisa terlupakan. Terasa seperti meminum air yang dapat menghilangkan dahaga berhari-hari tanpa meminumnya lagi. Dia juga berkata bahwa lewatilah masa-masa terakhirmu di bangku SMA dengan membekaskan tanda yang bagus dan  menyenangkan seperti orang yang menancapkan paku pada kayu yang pastinya akan berbekas. Bekas itu tidak akan pernah hilang walau paku sudah di cabut dari kayu tersebut. Maka dari itu, buatlah bekas yang sangat menyenangkan bila orang memiliki bekas itu, yang bila paku itu ditancapkan seseorang tidak akan merasa sakit karenanya. Kesimpulannya, keberhasilan seseorang itu tidak semuanya ditentukan karena orang tersebut pintar tapi juga ditentukan oleh kesabarannya.

10 thoughts on “Tidak hanya kepandaian tapi juga kesabaran

  1. Buyung berkata:

    Halo apa kabar Min kapan-kapan mampir nang website ku yo Min Direktori-Iklan.com & Referensi-Iklan.com, Salam Sukses selalu semoga tambah pinter Rek !!!!!!!!!!!!!

  2. bocahbancar berkata:

    Hhmm….pengalaman di SMK akan sangat berkesan di dunia perkuliahan(karena memang atmosfer kehidupan SMA dengan Kuliah itu sangat beda sekali) dan pengalaman di perkuliahan akan sangat berkesan di dunia kerja….dan seterusnya…dan seterusnya…
    Sabar dan optimalkan kemampuan, OK😉

    • MuARa berkata:

      Terimakasih mas atas sarannya, yap betul sekali. Saya sendiri sebagai siswa SMA merasakan hal itu saat tahun-tahun akhir di bangku SMA.
      But it’s point of no return my friend!?
      Keep your spirit of blogging and blog walking!!!!

  3. uny berkata:

    iya,….. btul lowh…. masa2 paling indah itu saat sma…..
    ga dapet uang saku, cari duit sendiri, banyak tmen…. pokoke keyen lawh…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s