Feel physics and my appeal


Tanggal 15 April 2009, hari dimana terdapat momen yang tidak bisa saya lupakan. Memang, pada hari itu tidak diperingati hari libur nasional atau hari besar. Tapi pada hari itu. saya menghadapi sesuatu yang bisa dianggap tidak biasa. Karena pada hari itu (walah mas…kok diulang-ulang terus) siswa-siswi dari seluruh SMA baik negeri ataupun swasta di Surabaya yang telah terpilih akan diuji kecerdasannya dalam seleksi olimpiade 2009 tingkat kabupaten di SMAN 2 dan SMAN 5 Surabaya. Alhamdulillah, saya bisa mengikuti acara tersebut. Bidang study yang bisa diikuti antara lain: Fisika, matematika, biologi, kimia, computer, astronomi, ekonomi, kebumian, dsb. Bidang study yang saya ikuti adalah fisika (wiiiih…guaya puooool isok ta mas) karena pada saat mendaftar saya dengan percaya diri berkata, “Saya ikut fisika pak.” . Sejujurnya secara teknik dan pengetahuan rumsu-rumsu fisika (rumus-rumus fisika, mas!) saya kurang begitu siap, disamping pengumuman diadakannya seleksi olimpiade 2009 tingkat kabupaten yang disampaikan oleh bapak dan ibu guru pada hari H-8 di sekolah saya yaitu SMA negeri 11 Surabaya dan bayangan saya mengenai tingkat kesulitan soal fisika yang akan diberikan pada seleksi tersebut. Tapi hal itu tidak membuat semangat saya untuk mengikuti acara tersebut, bisa lolos dari seleksi tingkat kabupaten, dapat mengerjakan semua soal-soal fisika olimpiade yang diberikan, keliling-keliling SMAN kompleks (SMA 2, SMA 5 dan SMA 9 karena SMA 1 pagarnya ditutup) dan melihat lingkungan dan suasana disana menjadi pudar dan luntur (lha terakhire kok ngono mas). Lantas saya browsing di Internet tanya si google.com apakah punya soal-soal olimpiade fisika beberapa tahun yang lalu ? ternyata si google menunjukkan beberapa link yang berbau rumus dan soal fisika (emang baunya kayak gimana, mas?). Tapi bukan olimpiade, setelah browsing sana browsing sini dan browsing punya browsing, saya menemukan websitenya Tim Olimpiade Fisika Indonesia yang disingkat TOFI (kalau teman saya namanya Tofan). Pertama kali yang saya lihat di web tersebut adalah wajah-wajah pemuda yang senang dan bersemangat memengang piala dan piagam yang ada tulisan Physicsnya (nama kue baru ya mas?) selain itu di web tersebut juga disediakan link untuk mendownload berbagai soal olimpade sains khususnya fisika dan materi pembelajaran fisika. Setelah saya download soal-soal dan solusi soal seleksi OSN tingkat kabupaten tahun 2008 lalu tingkat ketegangan saya agak meningkat karena terdapat soal yang penjabaran rumus jawabannya memerlukan 2 lembar kertas A4. Saya menemukannya pada hari H-3 dengan waktu yang tersisa saya sekuat tenaga memahami soal dan solusinya. Tiba pada hari H, saya merasa optimis karena berdasarkan soal dan solusi tahun lalu kebanyakan soal yang diberikan adalah materi fisika kelas XI (semangat). Setelah tiba di SMAN 2 dan menemukan ruangan yang terdapat nama saya ditempel di depan pintunya saya masuk dengan rasa optimis yang besar. Sedikit waktu menunggu komando dari pusat untuk memulai mengerjakan soal, saya gunakan untuk membaca catatan kecil bertuliskan kumpulan rumus fisika yang saya buat malam sebelumnya. Kemudian saya melihat keadaan sekeliling bangku saya. Ternyata ada beberapa anak menunjukkan ekspresi yang bisa say baca yaitu mereka sudah siap sebelum saya siap. Artinya persiapan mereka dua kali lipat daripada saya. Tapi itu tidak cukup untuk mengecilkan keoptimisan dan kesiapan saya karena kata pak Mario Teguh,”Jangan melihat besarnya masalah yang anda sedang hadapi tapi berfokuslah pada besarnya diri anda.” Mental yang telah saya bangun selama seminggu tidak akan goyah hanya karena sesuatu yang terlihat menghawatirkan. Ketika lembar soal diberikan oleh pengawas kepada semua peserta di kelas tersebut, saya mengetahui kalau semua soal seleksi olimpiade fisika tahun 2009 tingkat kabupaten adalah essay alias uraian (lho iyo ta…tak kiro pilihan ganda). Dan pasti penjelasan atau cerita selanjutnya dari postingan ini, sudah bisa sobat blogger tebak bukan (semangat mas, masih ada tahun depan jangan lupa… ikut bidang studi fisika lagi yach!!!).

Tinggalkan Balasan

