Semangat dalam beragama


Assalamu’alaikum Warahmatullahi wabarakatu

Artinya: Diharamkan bagimu (memakan) bangkai, darah, daging babi, (daging hewan) yang disembelih atas nama selain Allah, yang tercekik, yang dipukul, yang jatuh, yang ditanduk, dan yang diterkam binatang buas, kecuali yang sempat kamu menyembelihnya, dan (diharamkan bagimu) yang disembelih untuk berhala. Dan (diharamkan juga) mengundi nasib dengan anak panah, (mengundi nasib dengan anak panah itu) adalah kefasikan. Pada hari ini orang-orang kafir telah putus asa untuk (mengalahkan) agamamu, sebab itu janganlah kamu takut kepada mereka dan takutlah kepada-Ku. Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Ku-ridai Islam itu jadi agama bagimu. Maka barang siapa terpaksa karena kelaparan tanpa sengaja berbuat dosa, sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Para jama’ah yang dirahmati Allah. Islam adalah agama yang sempurna. Islam adalah agama yang diridhai di sisi Allah. Dalam beragama kita haruslah mempunyai suatu semangat. Yang semangat ini selalu melekat dan tidak akan terlepas dari Qalbu kita. Walaupun terdapat banyak hal yang harus kita kerjakan dengan penuh semangat. Semangat dalam beragama membuat ibadah dan amalan yang kita tunaikan setiap harinya menjadi berkualitas. Karena semangat ini dapat menghilangkan rasa capek dan malas untuk memberikan suatu bentuk ibadah yang baik dan ikhlas. Maka dari itu sangat penting untuk menumbuhkan semangat dalam beragama pada diri kita masing-masing. Sebagai umat islam seharusnya kita bersemanagat dalam beragama. Karena telah kia kita ketahui bahwa Islam adalah agama terakhir yang diridhoi di sisi Allah swt. Jangan sampai kita hanya semangat dalam mencari harta saja atau bekerja. Atau kita menjadi semangat jika dalam kondisi tertentu saja misalnya Calon mertua kita mendambakan menantu yang aktif dalam beribadah dan semangat dalam beragama. Atau yang disebut dengan riya’. Atau dalam kondisi yang sifatnya sementara. Seharusnya kita seharusnya dalam kondisi yang bagaimana pun harus tetap semangat. Jika mendengar kabar akhir-akhir ini mengenai kondisi umat islam di timur tengah, khususnya di Palestina. Yang mengabarkan bahwa umat islam sedang tertindas. Umat islam disana banyak yang mengalami kelaparan, miskin,dan dalam kondisi yang memperihatinkan. Mungkin itu menjadi penyebab dari ketidak semangatan kita dalam beragama. Hal im telah diterangkan oleh Allah swt dalam surat An-nur:55
Artinya: Dan Allah telah berjanji kepada orang-orang yang beriman di antara kamu dan mengerjakan amal-amal yang saleh bahwa Dia sungguh-sungguh akan menjadikan mereka berkuasa di bumi, sebagaimana Dia telah menjadikan orang-orang yang sebelum mereka berkuasa, dan sungguh Dia akan meneguhkan bagi mereka agama yang telah diridai-Nya untuk mereka, dan Dia benar-benar akan menukar (keadaan) mereka, sesudah mereka berada dalam ketakutan menjadi aman sentosa. Mereka tetap menyembah-Ku dengan tiada mempersekutukan sesuatu apa pun dengan Aku. Dan barang siapa yang (tetap) kafir sesudah (janji) itu, maka mereka itulah orang-orang yang fasik.

Kita harus yakin bahwa masa depan milik islam. Maka dari itu kita harus memiliki semangat dalam beragama. Sebaiknya kita juga memiliki semangat untuk beramal di dunia. Sebagaimana pesan dari khalifah Umar: “ Beramal-lah untuk duniamu seolah-olah engkau akan hidup selamanya. Dan beramal-lah untuk akhiratmu seolah-olah engkau akan mati esok hari.”
Para jama’ah rakhimakumullah. Masih semangat mendengarkan khotbah yang saya sampaikan kali ini… Alhamdulillah masih semangat. Tentu para jama’ah ghirah dalam beribadah menjadikan kita lebih produktif. Tidak hanya dalam dalam beribadah tapi juga dalam kehidupan sehari-hari. Bagi para remaja yang usia nay relatif muda,dapat berbuat lebih banyak. Segala hal yang ada disekitarnya dapat menjadi penunjang. Masalah adalah tantangan paling mengasyikkan. Energi untuk bergerak masih tinggi. Semnagat menghasilkan karya terbaik. Kita juga bias berkaca pada ulama ulama besar Imam Syafi’
Masa muda beliau beliau di habiskan untuk produktif mencari ilmu dan menulis buku selama hayatnya. Sampai sekarang buku-buku beliau masih dijadikan rujukan.
Para jama’ah rohmakumullah, ada 6 kiat unutk menumbuhkan semangat dalam beribadah:
Yang pertama, kita harus memahami makna hidup. Setiap muslim harus mengetahui makna hidup. Untuk apa dia diciptakan,adakah hidup ini berakhir ketika nafas telah terpisah dengan jasad,adakah kehidupan setelah mati?
Dengan pertanyaapertanyaan tersebut akan membuka mata setiap orang. Dan yang menyadari betapa ia diciptakan semata-mata untuk mengabdi pada Allah swt. Hidup sesungguhnya untuk menghadapi kehidupan yang kekaldan abadi yaitu surga yang dipenuhi dengan kenikmatan. Dengan demikian hendaklah setiap muslim mempunyai semangat untuk meraih kehidupan yang abadi tersebut dengan memperbanyak amal kebajikan.
Yang kedua, kita harus meyakini bahwa islam adalah agama paripurna hal ini terdapat dalam surat Al-maidah:3. Dan isla adalah agama yanh diridhoi disisi Allah swt
Artinya: Sesungguhnya agama (yang diridai) di sisi Allah hanyalah Islam. Tiada berselisih orang-orang yang telah diberi Al Kitab kecuali sesudah datang pengetahuan kepada mereka, karena kedengkian (yang ada) di antara mereka. Barang siapa yang kafir terhadap ayat-ayat Allah maka sesungguhnya Allah sangat cepat hisab-Nya.

Islam hadir untuk memberikan solusi terhadap berbagai macam permasalahan. Ajarannya lengkap mencakup seluruh aspek kehidupan, akidah, ibadah, syariat, akhlak,dan mu’amalah.
Yang ketiga, setiap muslim harus memiliki keyakinan bahwa sesungguhnya islam akan Berjaya di masa depan.
Yang keempat, kita harus optimis dan dinamis.karena islam merupakan agama yang mengajarkan hidup optimis dan dinamis. Islam merupakan agama yang senantiasa menjaga asholah (keaslian). Akan tetapi juga memperhatikanperkembangan IPTEK. Sehingga siapapun yang memiliki kreasi dan daya cipta akan senantiasa dihargai. Hal ini terdapat dalam suratAL-mujadilah:11
Artinya:“Hai orang-orang yang beriman, apabila dikatakan kepadamu. “ berlapang-lapanglah dalam majelis.,” maka lapangkanlah, niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apa bila dikatakan kepadamu,” berdirilah kamu,” maka berdirilah niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman diantara kamu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Alah maha mengetahui apa yang kamu kerjakan,”

Yang kelima, kita harus berusaha dalam setiap hal baik itu kecil maupun besar. Sebab sekecil apapun usaha seorang mukmin akan senantiasa diperhatikan oleh Allah swt.
Yang terakhir, para jama’ah yang dimuliakan oleh Allah swt. Sesungguhnya kehidupan yang hakiki adalah kehidupan akhirat dalilnyadalam surat Al-angkabut:64
Artinya: Dan tiadalah kehidupan dunia ini melainkan senda gurau dan main-main. Dan sesungguhnya akhirat itulah yang sebenarnya kehidupan, kalau mereka mengetahui.

Setiap muslim hendaklah memiliki orientasi hidup yang jelas, yaitu mementingkan kehidupan dunia (Al-Qashash:77)
Artinya: Dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu (kebahagiaan) negeri akhirat, dan janganlah kamu melupakan bahagianmu dari (kenikmatan) duniawi dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di (muka) bumi. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan.

Meninggal dengan dalam keadaan islam

Artinya: Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah sebenar-benar takwa kepada-Nya; dan janganlah sekali-kali kamu mati melainkan dalam keadaan beragama Islam.

Dan masuk surga dengan ridho Allah swt serta dijauhkan dari api neraka.
Alhamdulillahirabbil alamin. Demikian khutbah singkat yang dapat saya sampaikan pada kali ini. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Khususnya bagi saya pribadi dlam memperbaiki dan mengaplikasikan semangat dalam beragama.

Wassalamu’alaikum wr. wb

2 thoughts on “Semangat dalam beragama

  1. MuARa berkata:

    betul ikhwa, tips untuk lebih semangat dalam beribadah di bulan ramadhan adalah jadikan ramadhon tahun ini seolah-olah menjadi ramadhon terakhir dalam hidup kita. sukron

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s