Renungan Diri Menyambut Ramadhan 1433 H


Bulan Ramadhan sangat dinanti-nanti oleh seluruh umat Islam di dunia. Kapanpun datangnya bulan ramadhan, mereka menyambutnya dengan suka cita. Namun, bagaimana dengan diri ini?
Apakah ada perasaan sama yang memenuhi ruang hati dalam diri ini?
Sejenak aku berpikir dan merenung, melihat diri dalam sebuah benda besar yang bernama kaca refleksi. Mengingat-ingat kembali apa saja yang telah aku lakukan selama ini, ya setelah bulan ramadhan tahun lalu lebih tepatnya. Ditengah-tengah renunganku, mulai teringat akan dosa-dosa yang telah aku lakukan. Dosa yang menutupi hatiku dengan tebalnya pengabaian dan penundaan akan berbuat kebaikan. Dosa yang menyeruku kepada kenikmatan dunia dan melalaikan efek samping dari perbuatan itu. Tanpa terasa mulai menjadi suatu kebiasaan yang aku merasa malu jika ada orang lain yang tahu. Hingga pertolonganMu datang. Bagaikan cahaya menerangi malam yang suram. Aku sempat ragu-ragu apakah akan diampuni dosa-dosa ini. Tapi, Engkau memang Maha Menguasai dan Maha Pemurah.
Perlahan aku hapus rasa itu, berharap bisa kembali ke jalan lurusNya. Dengan sedikit keberanian yang akan terus tumbuh.
“Ya Allah yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Menyambut bulan Ramadhan 1434 H, Hamba ingin memperbaiki qalbu ini. Menata kembali niat dalam hati. Merenovasi wajah yang nyaris tak murah senyum ini. serta memohon cahaya untuk jiwa yang hampir kelam tanpa cahaya dari-Mu.
Izinkanlah hamba untuk kembali menjadi pribadi bersih yang baru. Yang berpihak dan mengupayakan kebaikan kepada sesama. Murah senyum serta bermanfaat untuk semua orang.”
Melalui proses selama satu bulan lamanya, Ridhoilah diri ini bertemu kembali dengan bulan Ramadhan. Dan mengisi setiap detiknya dengan amal kebaikan.
Amin ya Rabbal’alamin.

One thought on “Renungan Diri Menyambut Ramadhan 1433 H

  1. koki mengatakan:

    Nama saya Tokunaga dari jepang. Saya cari orang yang bisa bikin flash game “Congklak”. Anda bisa bikin flash game seprti berikutnya? Kalo bisa bikin silahkan mengirim email ke saya.

    http://www.thegamelinks.com/GamePage.aspx?GameId=298

    terima kasih

Tinggalkan Balasan

